Marketing Trends

Potensi Industri Fesyen Besar, Tokopedia Buat Fashion Market

Tokopedia Fashion Market di Kota Kasablanka. (foto Ubaidillah/SWA)

Tokopedia hari ini resmi membuka pergelaran Tokopedia Fashion Market di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan (08/02/2024). Pergelaran ini berlangsung hingga 11 Februari 2024 dan secara online pada 19-29 Februari 2024 di aplikasi Tokopedia.

“Ini panggung khusus bagi brand fashion lokal untuk meningkatkan awareness hingga penjualan. Bersamaan dengan dibukanya fashion market secara offline, kami meluncurkan fitur terbaru ‘ambil di tempat’ untuk mempermudah pengunjung mengambil produk yang dibeli melalui toko online penjual, yang membuka booth di bazaar Tokopedia Fashion Market, secara langsung,” kata Head of Fashion Category Development Tokopedia Aldhy Darmayo.

Alasan menyelenggarakan fashion market, Aldhy mengungkapkan bahwa industri fashion di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Ekonomi kreatif saat ini menjadi penyumbang sekitar 7,8% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Industri fashion menempati posisi kedua terbesar penyumbang PDB ekonomi kreatif.

“Di Tokopedia, sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fesyen sepanjang tahun 2023, antara lain Bangkalan (Jawa Timur), Lebak (Banten) dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) dengan rata-rata kenaikan hampir 1,5 kali lipat,” ungkapnya.

Tingginya permintaan masyarakat akan produk fesyen terlihat dari tren belanja online di Tokopedia yang mencatat bahwa fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris sepanjang tahun 2023. Sejumlah wilayah mengalami peningkatan tertinggi transaksi produk fesyen melalui Tokopedia, antara lain Raja Ampat, Yahukimo dan Puncak Jaya dengan rata-rata kenaikan hampir 2 kali lipat.

“Data internal Tokopedia tercatat bahwa sejumlah produk mengalami transaksi tertinggi sepanjang 2023 di kategori Fesyen Wanita, antara lain jam tangan, sandal dan tas. Sedangkan di kategori Fesyen Pria, yaitu t-shirt, sneakers dan tas,” ucap Aldhy.

Untuk mendorong geliat industri fashion Tanah Air, Tokopedia Fashion Market hadir dengan berbagai produk fesyen. Pengunjung bisa mengakses produk fashion wanita, fashion pria, fashion muslim dan fashion anak dari brand fashion lokal yang berpartisipasi.

Aldhy menambahkan, demi meningkatkan pengalaman belanja, pihaknya meluncurkan fitur terbaru ‘ambil di tempat’ bersamaan dimulainya Tokopedia Fashion Market. Pengunjung bisa menggunakan fitur ini dengan sangat mudah.

Pertama pilih produk yang ingin dibeli di offline booth, lalu scan QR code yang tersedia di masing-masing offline booth, di halaman checkout, pilih pengiriman ‘ambil di tempat’, pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran, terakhir setelah pembayaran berhasil, pembeli bisa langsung mengambil pesanan secara offline di booth.

“Fitur Tokopedia ‘ambil di tempat’ sudah bisa digunakan untuk membeli produk selain fesyen. Dengan adanya fitur ini kami berharap bisa mempermulus pengalaman belanja online to offline (sebaliknya) dan memungkinkan lebih banyak masyarakat merasakan kemudahan bertransaksi lewat ekosistem Tokopedia,” kata Aldhy.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved