Technology Trends

22 Warkop Digital Bergabung dengan Warung NKRI Digital

Warkop Digital yang merupakan Kreatif Digital Hub saat ini telah beroperasi di ratusan titik di berbagai daerah di Indonesia. Dari jumlah Warkop Digital yang beroperasi tersebut, kini sudah ada 22 warung yang resmi bergabung dengan Warung NKRI Digital yang diluncurkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme – BNPT bekerja sama dengan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi-KPTIK.

Selain itu sejak bermitra dengan BNPT, KPTIK telah mentransformasi Warung NKRI tradisional menjadi Warung NKRI Digital sebagai wujud dukungan terhadap program BNPT dalam mencegah penyebaran paham radikalisme dengan memanfaatkan teknologi digital.

Program Digitalisasi Warung Kopi yang gencar dilakukan KPTIK di berbagai daerah telah menarik kepercayaan pihak BNPT untuk bekerja sama membangun 37 Warung NKRI Digital yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk satu usaha yang berada di Hong Kong.

Sejauh ini selain 22 Warkop Digital binaan KPTIK yang telah bermigrasi menjadi Warung NKRI Digital, terdapat pula 14 Warung NKRI yang berhasil bertransformasi menjadi Warung NKRI Digital dari 30 Warung NKRI yang didirkan BNPT sejak tahun 2022 lalu.

Jadi dengan bergabungnya 22 Warkop Digital dan 14 Warung NKRI menjadi Warung NKRI Digital, maka saat ini BNPT telah memiliki 37 Jaringan Warung NKRI Digital yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Papua, dan dari Miangas sampai Pulau Rote.

Peluncuran Warung NKRI Digital dilaksanakan BNPT di Desa Kahuman, Kecamatan Polaharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Warung Pawon Ndeso menjadi pilihan pertama lokasi pengenalan program Warung NKRI Digital yang diluncurkan oleh Kepala BNPT Komjen Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si.

Pada kesempatan ini, Kepala BNPT yang akrab disapa Riko itu, sempat menyapa langsung para pelaku usaha Warkop Digital yang sudah bermigrasi menjadi Warung NKRI Digital. Salah satunya dengan Leli salah satu eks pekerja migran Indonesia yang sukses mendirikan Warkop Digital di Hong Kong.

Dialog juga berlangsung dengan pemilik Warung NKRI Digital di Papua, Aceh, Miangas, dan Pulau Rote. “Kami di Miangas ini sangat sulit dan terkendala jaringan internet. Jadi warga setempat atau staf pemerintah desa yang memerlukan jaringan internet sering mendatangi tempat kami Warung NKRI Digital untuk mendapatkan layanan internet sehingga mereka bisa mengikuti rapat Zoom atau menggunakan internet sambil ngopi,” ujar Wawan, pemilik Warung NKRI Digital di Miangas kepada Kepala BNPT melalui aplikasi Zoom.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved