Marketing Trends

Adira Finance Targetkan Pembiayaan Baru di 2024 Tumbuh 14%

Adira Finance berhasil mencatatkan hasil positif pada 2023. Hal ini tercermin pada kenaikan pangsa pasar mobil baru dan sepeda motor baru masing-masing sebesar 5% dan 10% dibandingkan tahun 2022 sebesar 4,0% dan 8,2%. Di segmen non-otomotif, perusahaan multifinance ini meningkatkan penyaluran pembiayaan terutama pada pinjaman multiguna.

“Sepanjang tahun 2023, pembiayaan baru naik 31% (YoY) menjadi Rp41,6 triliun dan piutang pembiayaan yang dikelola perusahaan (termasuk pembiayaan bersama) tumbuh 25% menjadi Rp55,7 triliun,” kata Dewa Made Susila, Presiden Direktur Adira Finance dalam siaran pers di Jakarta (14/02/2024).

Tahun lalu, pembiayaan baru di segmen syariah juga naik 34% (YoY) menjadi Rp8,9 triliun atau mewakili 21% dari total pembiayaan baru. Ekspansi pembiayaan syariah didukung oleh pemasaran yang agresif, ekspansi dari kanal-kanal penjualan di komunitas syariah, kampanye edukasi masyarakat, dan produk-produk seperti Amanah (Adira Multi Dana Syariah) yakni multifinancing yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah.

“Kami juga sudah melakukan pembiayaan kendaraan listrik (EV) baik sepeda motor maupun mobil melalui kemitraan dengan berbagai produsen dan dealer merek kendaraan listrik. Hingga Desember 2023, pembiayaan kendaraan listrik kami mencapai Rp189 miliar,” kata dia menambahkan. Peningkatan ini sejalan dengan antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik yang terus meningkat, tersedianya beragam merek kendaraan Listrik, serta keberlanjutan dukungan dari pemerintah dalam bentuk insentif pajak penjualan.

Pada periode ini, Adira Finance juga menambah jaringannya, per 31 Desember 2023 jumlahnya mencapai 466 jaringan bisnis di seluruh Indonesia termasuk cabang syariah. Angka ini naik dari 459 pada akhir 2022. Di sisi digital, perusahaan mengoptimalkan penjualan melalui jalur digital seperti Adiraku, Momobil.id, Momotor.id, dan Dicicilaja.com. Untuk terus memperkuat kolaborasi antar grup (Bank Danamon dan MUFG), Adira Finance akan berpartisipasi kembali dalam acara IIMS 2024 sebagai Official Multifinance Partner dengan MUFG dan Bank Danamon.

Dari sisi keuangan, Sylvanus Gani, Deputi Direktur, Chief of Financial Officer Adira Finance mengatakan bahwa terjadi peningkatan laba bersih 21% (YoY) menjadi Rp1,94 triliun tahun 2023. Pertumbuhan ini didorong meningkatnya total pendapatan sebesar 14% (YoY) menjadi Rp9,5 “Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) perusahaan masing-masing menjadi 8,6% dan 18,7%. Sementara sari sisi pendanaan, kami melakukan diversifikasi sumber pendanaannya melalui dukungan berkelanjutan dari pembiayaan bersama perusahaan induk, Bank Danamon, dan memperoleh pinjaman eksternal dari bank (baik bank dalam negeri maupun luar negeri) dan pasar modal (obligasi lokal dan sukuk mudharabah),” kata Gani.

Per Desember 2023, pembiayaan bersama mewakili 47% dari piutang yang dikelola. Sementara itu, total pinjaman pada Desember 2023 meningkat 53% (YoY) menjadi Rp16,1 triliun, terdiri dari pinjaman bank baik dalam negeri dan luar negeri dan obligasi, & sukuk masing-masing memberikan kontribusi 58% dan 42%. Hasilnya, gearing ratio stabil yaitu sebesar 1,5 kali pada Desember 2023.

Dewa Made berharap industri otomitif tumbuh di tahun 2024. Ini mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi domestik yang diperkirakan tetap stabil di tahun 2024 yang didukung dengan konsumsi rumah tangga yang kuat. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan penjualan mobil baru di 2024 relatif stabil yaitu sebesar 1,1 juta unit. Sementara itu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memproyeksikan penjualan sepeda motor baru akan mencapai 6,2-6,5 juta unit. Lalu, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) memproyeksikan pertumbuhan pada piutang pembiayaan dari perusahaan-perusahaan multifinance sebesar 12-13% di tahun 2024. “Adira Finance menargetkan pembiayaan baru di tahun 2024 dapat tumbuh sekitar 12%-14% dari pencapaian tahun 2023,” kata dia menegaskan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved