Capital Market & Investment

BRI Danareksa Sekuritas Pada 2024 Bidik AUM Reksa Dana Naik 50%

Ilustrasi foto : Istimewa.

Melihat potensi dari pertumbuhan investor reksa dana yang signifikan pada tahun 2023, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) pada 2024 ini menargetkan dana kelolaan atau asset under management (AUM) layanan reksa dana naik sebesar 50% atau berpotensi menjadi Rp 300 miliar jika dibandingkan AUM di 2023 sebesar Rp 200 miliar

Menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Desember 2023, Pertumbuhan investor reksa dana di Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan sejak tahun 2020, dengan pertumbuhan sebesar 18,87%. Secara demografis, mayoritas investor individu adalah laki-laki dengan porsi 62,33% dan total aset mencapai Rp 1.150,28 triliun, sedangkan porsi investor perempuan sebesar 37,67% dengan total aset Rp 240,22 triliun. Adapun, investor berusia di bawah 30 tahun mendominasi porsi sebesar 56,43%, dengan total aset mencapai Rp 35,09 triliun.

Direktur Retail & Information Technology BRIDS, Fifi Virgantria, mengungkapkan BRIDS berkomitmen untuk senantiasa menjawab kebutuhan investor reksa dana yang didominasi oleh investor milenial dan Gen Z melalui aplikasi BRIGHTS untuk dapat berinvestasi instrumen reksa dana dengan mudah, nyaman. Aplikasi ini didukung dengan fitur yang lengkap, salah satunya dengan fitur Nabung Reksa Dana, yang merupakan fitur pembelian reksa dana yang terotomatisasi secara rutin setiap bulan sesuai kebutuhan nasabah untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Fifi, dalam keterangan tertulisnya ini, menyampaikan beragam produk reksa dana yang ditawarkan. “BRIGHTS hadir sebagai platform digital yang dapat memenuhi kebutuhan investasi masyarakat. Pada 2024, kami juga akan meluncurkan fitur unggulan dan canggih yang akan memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi investor dalam mengoptimalkan aset mereka,” ujar Fifi di Jakarta, baru-baru ini.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama BRIDS, Laksono Widodo, menambahkan layanan tersebut didukung dengan rencana kerja sama dengan 20 Manajemen Investasi (MI) pada tahun ini, serta potensi dari sinergi dengan perusahaan di ekosistem BRI Group. “Ini dapat berkontribusi signifikan terhadap kinerja bisnis perantara perdagangan efek perusahaan, terutama dari sisi reksa dana,” ucap Laksono.

Tahun ini, lanjut Laksono, BRIDS menargetkan pertumbuhan AUM reksa dana naik 50% dibandingkan tahun 2023. “Diharapkan dapat berkontribusi sebesar 30% dari total pertumbuhan jumlah nasabah BRIDS pada tahun 2024”, tutur Laksono.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved