ICSA

SWA dan Business Digest Berikan Penghargaan Pelaku Bisnis yang Sukses Puaskan Pelanggan

Pemanfaatan teknologi digital memiliki peran penting dalam strategi pemasaran saat ini. Dengan memanfaatkan digital, perusahaan bisa meningkatkan aksesibilitas, kemudahan bertransaksi, dan personalisasi pengalaman pelanggan. Sehingga pelanggan bisa lebih memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan.

Melihat perubahan itu, SWA Media Group bekerja sama dengan Business Digest menggelar Virtual Conference and Awarding Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2024 & Indonesia Healthcare Award 2024. Sujatmaka, Pemimpin Redaksi Majalah SWA mengatakan, konferensi ini adalah hasil survei berbasis costumer satisfaction untuk dua kelompok yakni industri kesehatan dan non kesehatan dan jasa. “Tujuannya adalah mendapatkan best practice dari kedua sektor tersebut yang berhasil memuaskan pelanggan ketika tuntutan konsumen berubah drastis,” ujarnya dalam Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2024 & Indonesia Healthcare Award 2024, Harnessing Digital Technology & Experiential Marketing Strategy to Maximize Customer Satisfaction (16/02/2024).

Sebagaimana diketahui, di era digital, perilaku masyarakat berubah sehingga membawa tuntutan baru bagi perusahan. Hal ini mengharuskan pelaku bisnis merefresh strategi baru untuk memuaskan pelanggan loyal mereka. Dia menambahkan, survei tersebut dilakukan di akhir tahun 2023 dengan jumlah 5000 responden di 6 kota utama di Indonesia yakni Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makasar.

Dr. Rudy C. Susilo, CEO KMN EyeCare menjelaskan dalam paparannya, pihaknya berfokus pada medical outcome dan service quality karena keduanya tidak bisa dipisahkan. Untuk memastikan layanan KMN berstandar sama, KMN memiliki arsitektur layanan, melakukan survey, dan meng-audit. “Hasilnya, secara konsisten sejak 2019-2023, survey kepuasaan kami mencapai 99% baik yang puas maupun sangat puas,” kata Dr. Rudy.

Sementara itu, Lise Tiasanty, S.IP., M.M., Customer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan bahwa kondisi masyarakat dunia sudah berubah, konsumen meminta brand untuk bisa merespon mereka dengan cepat baik dari sisi produk, transaksi jual beli, dan layanan konsumen. “Ini tantangan yang sulit, namun kami harus bisa melakukannya karena kami ada di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Anastasia Damayanti, Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia menambahkan, teknologi dan digital menjadi peluang sekaligus tantangan bagaimana pemilik bisa menavigasi brand untuk tampil sekaligus dekat dengan konsumen. “Kita berusaha memperbaiki digital eksosistem kita, menyediakan solusi konten dan pesan yang bisa berbicara dengan keluarga Indonesia, dan menciptakan engagement yang momarable,” kata dia.

Adapun para penerima award Indonesia Healthcare Award 2024 di antaranya: Rumah Sakit Mata KMN EyeCare, Betadine, Stimuno, bodrex, Antis, PT Prodia Widyahusada Tbk, PT AXA Mandiri Financial Services, vidoran Smart, Adem Sari Ready To Drink, Plossa, MY BABY, Safe Care, bodrex Flu & Batuk, NEO rheumacyl, CITO Laboratorium Medis & Klinik Utama, Oskadon, Prudential Indonesia, rheumacyl Oralinu, dan vidoran. Sementara untuk penerima award Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2024 di antaranya: SHARP, Acer, Sunpride, Finna, UBS GOLD, Herborist, Yeo’s, Polygon, Indocafe Coffeemix, dan Sampoerna A Mild.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved