Trends

Proof of Reserves untuk Keamanan Aset Kripto Pelanggan

Aditya Wirawan, Country Manager Interim Luno Indonesia

Luno, aplikasi investasi aset kripto global, meningkatkan transparansi melalui laporan proof of reserve (bukti cadangan dana), metode yang digunakan untuk memastikan dan menunjukkan bahwa suatu exchange memiliki aset digital yang cukup untuk menjamin saldo yang mereka simpan untuk pelanggan.

Melalui proses ini, Luno menjamin bahwa aset pelanggan disimpan dalam rasio 1:1 di platform mereka, yang menunjukkan bahwa jumlah aset digital yang disimpan pelanggan sesuai dengan saldo pada dompet Luno pelanggan.

Laporan bukti cadangan dana dalam format yang baru ini menggunakan verifikasi Merkle Tree, yang disediakan oleh perusahaan audit, perpajakan dan konsultasi internasional Moore dan akan dipublikasikan setiap bulan. Kini, pelanggan dapat memiliki pengalaman investasi dengan transparansi lebih dengan adanya laporan bukti cadangan dana yang rinci secara berkala.

Bukti cadangan dana menunjukkan bahwa aset pelanggan Luno sepenuhnya dijaminkan dan tidak digunakan untuk tujuan lain. Semua aset kripto yang disimpan pada platform oleh pelanggan Luno berada dalam penyimpanan yang aman di Luno.

“Saat ini, belum ada kewajiban hukum untuk mempublikasikan laporan proof of reserves (bukti cadangan dana), namun kami meyakini bahwa ini adalah langkah yang penting untuk membangun kepercayaan dalam industri aset kripto,” ungkap Aditya Wirawan, Country Manager Interim Luno Indonesia.

Dua belas juta pelanggan Luno secara global bisa merasa tenang karena mengetahui bahwa dompet di akun Luno mereka memang benar terisi sejumlah kripto yang ditampilkan.

“Laporan baru ini merupakan bentuk validasi eksternal dari klaim kami bahwa Luno adalah platform yang aman untuk membeli dan menyimpan aset kripto, karena adanya verifikasi independen bahwa aset kripto yang disimpan untuk setiap pelanggan tersimpan secara aman dengan rasio 1:1 menggunakan cadangan dana dalam bentuk berbagai aset digital yang tidak tersentuh,” tambah Aditya.

Luno baru-baru ini menerima rating dengan grade A pada Exchange Benchmark dari CCData. Rating ini mengukur risiko dari exchange aset digital menggunakan lebih dari 200 metrik kualitatif dan kuantitatif dengan mengukur lebih dari 150 exchange dalam delapan kategori evaluasi.

Dale Russel, Direktur Blockchain dan Aset Digital di Moore, menyatakan, penggunaan metode Merkle Tree untuk menyajikan laporan proof of reserves atau bukti cadangan dana dipandang sebagai standar tertinggi dari verifikasi. “Platform milik Moore meningkatkan akuntabilitas, kredibilitas, dan kepercayaan antara platform dan pengguna mereka. Data dalam jumlah besar dikonsolidasi dengan tetap menjaga privasi dan keamanan, sehingga tiap poin data bisa diverifikasi sambil tetap menjaga kerahasiaan data pribadi,” ujar Dale Russel.

Pelanggan bisa masuk ke akun Luno mereka melalui website (bukan melalui aplikasi mobile) untuk melihat bahwa investasi kripto mereka sesuai dengan yang tertera, menggunakan Merkle Tree. Luno juga mempublikasikan bukti cadangan dana bulanan di www.luno.com/en/proof-of-reserves.

Aditya Wirawan menambahkan, “Luno berkomitmen untuk mengupayakan segala cara untuk selalu transparan dan menjamin rasa aman bagi pelanggan sesuai dengan tujuan kami untuk menjaga keamanan kripto.”


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved