Technology SWA Online Trends

Penuhi ESG, Pacific Paint Pasang PLTS dari Xurya

Peresmian Pacific Paint For Bright Life kerjasama dengan Xurya.

Perusahaan cat Pacific Paint menjalankan program baru Pacific Paint for Bright Life yang menjadi wujud kontribusi nyata terhadap penanganan masalah perubahan iklim. Program ini juga merupakan implementasi dari prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental, SocialandGovernance/ESG) yang saat ini merupakan aspek penting dalam rangka membangun masa depan yang berkelanjutan untuk generasi penerus bangsa terutama di Indonesia.

Melalui program ini, sejumlah upaya penerapan program-progam lingkungan telah dilakukan serta diterapkan di perusahaan, di antaranya menuju net zero carbon emission.Salah satu langkah yang diambil Pacific Paint untuk mendukung pengurangan emisi karbon yang sesuai dengan deklarasi menuju Net Zero Emission oleh pemerintah Indonesia adalah kolaborasi dengan Xurya dalam pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Xurya sendiri adalah perusahaan energi terbarukan yang mempelopori metode sewa PLTS atap di Indonesia. Adanya kerja sama ini, diperkirakan total energi bersih yang dihasilkan mencapai lebih dari 250 ribu kWh per tahun atau setara dengan penekanan emisi karbon di atas 230 ribu kilogram per tahun. Pemasangan tersebut diperkirakan besaran penekanan emisi karbon ini setara dengan dampak positif penanaman lebih dari 3.000 pohon.

Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Operasional Pacific Paint mengatakan, “Kami melakukan terobosan melalui Pacific Paint for Bright Life yang antara lain menjalankan komitmen serta mengupayakan beragam kegiatan maupun program-program untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi atas proses produksi dengan mengadopsi energi terbarukan salah satunya menggunakan PLTS Atap. Kerja sama dengan Xurya menjadi salah satu bentuk komitmen kami untuk terus berperan aktif dalam menjalankan seruan pemerintah Indonesia maupun global dalam transisi energi, mengatasi perubahan iklim dan melindungi lingkungan.”

Xurya melakukan instalasi, mengoperasikan, memantau, serta memberikan layanan maintenance PLTS Atap kepada Pacific Paint selama masa kerja sama berlangsung. Xurya memanfaatkan IoT dalam mengoperasikan PLTS Atap di Pacific Paint, sehingga Pacific Paint dapat mengetahui besaran kapasitas listrik dan performa yang dihasilkan dari PLTS Atap secara real-time.

Eka Himawan, Managing Director Xurya menyampaikan, “Xurya mengapresiasi Pacific Paint atas inisiatifnya dalam memanfaatkan energi surya untuk membantu kegiatan operasional. Sebagai perusahaan yang memberikan solusi lengkap untuk PLTS Atap, Xurya juga akan turut mengoperasikan serta memastikan kinerja PLTS Atap tetap maksimal dengan memberikan layanan operations & maintenance secara rutin selama masa sewa.”

Selain berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang menuju net zero carbon emission salah satunya dengan adanya pemasangan PLTS Atap, Pacific Paint juga menerapkan serta menjalankan program-program lingkungan secara berkelanjutan, antara lain adalah penerapan sistem Manajemen Health, Safety, Environment, & Quality mendukung efisiensi serta mewujudkan industri hijau hingga pengelolaan limbah B3 dan perizinan lingkungan.

”Pacific Paint akan terus menjalankan program-program lingkungan secara berkelanjutan lainnya untuk mewujudkan program Pacific Paint for Bright Life. Kami berharap dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan bumi dan lingkungan yang berkelanjutan sehingga dapat terus menghadirkan rangkaian produk cat berkualitas serta memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen,” ujar Suryanto.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved