Capital Market & Investment

PMN Bantu Wika Selesaikan Projek Stategis Nasional

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bersiap melaksanakan Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) II atau rights issue setelah disetujui para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 12 Januari 2024.

Dalam rights issue, perseroan berencana menawarkan sebanyak-banyaknya 92,24 miliar saham baru Seri B atas nama dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Perseroan akan menerima PMN senilai Rp6 triliun dalam skema rights issue ini, yang rencananya akan digunakan untuk menyelesaikan PSN.

Equity Research Analyst BCA Sekuritas Mutiara Nita berharap pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) dapat membantu Wika untuk menyelesaikan berbagai projek yang sedang dikerjakan, termasuk Projek Strategis Nasional. “Menurut kami, PMN seharusnya bisa digunakan untuk modal kerja sebaik- baiknya, semoga bisa bantu cashflow WIKA untuk penyelesaian kontrak dan order book-nya yang masih banyak sampai saat ini,” ujarnya.

Menurutnya, pemberian PMN kepada WIKA merupakan langkah yang sudah baik, namun, pemerintah tetap perlu menyediakan langkah- langkah preventif untuk menghindari masalah berikutnya ke depan. “Ke depan, pemerintah mungkin bisa lebih menyediakan langkah- langkah preventif kepada kontraktor dan agent- agent nya, agar permasalahan pembiayaan tidak menggulung menjadi domino effect,” ujar Nita.

Ia menyebut, rencana pemberian PMN merupakan upaya yang sudah terstruktur dan berharap prosesnya dapat dilangsungkan secepatnya. “PMN itu sudah terstruktur dan list of project-nya sudah ditetapkan. dipercepat saja proses-prosesnya,” ujar Nita.

Lebih lanjut, pemberian PMN juga dapat menyehatkan kinerja keuangan WIKA ke depan. “Seharusnya iya, jika digunakan dengan baik,” imbuh Nita.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved