Capital Market & Investment

Inocyle Technology (INOV) Genjot Ekspor Re-PSF

Foto : Inocylcle.

PT Inocycle Technology Group Tbk menargetkan peningkatan penjualan dan ekspor produk RePSF di tahun 2024. Re-PSF (recycled polyester staple fiber) merupakan serat sintetis dari sampah botol PET daur ulang yang digunakan untuk isian boneka, jaket, sepatu, dan lainnya. Penjualan ekspor Re-PSF pada kuartal III/2023 berkontribusi sekitar 73% dari total penjualan Inocycle. Emiten yang sahamya bersandi INOV mencatat kenaikan sebesar 25% untuk ekspor RePSF secara kuartalan.

Ini berkat meningkatnya permintaan produk tersebut yang banyak digunakan dalam memproduksi barang perlengkapan tidur. “Pertumbuhan permintaan Re-PSF sebagai bahan baku produksi adalah salah satu alasan terbesar kami untuk berfokus pada pasar ekspor. Masih ada potensi pertumbuhan lagi di tahun ini, berdasarkan proyeksi pertumbuhan untuk 2024.” Jelas Direktur INOV, Victor Choi di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2024 memang tetap optimistis. Lembaga riset Danareksa Sekuritas memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,16% pada kuartal pertama tahun ini, meningkat dari pertumbuhan 5,04% pada kuartal IV/ 2023 dengan didorong peningkatan konsumsi rumah tangga dan belanja pemerintah. Ekspor diperkirakan akan tumbuh terbatas sebesar 1,70%, lebih tinggi dari pertumbuhan 1,64% pada Q4 2023 yang disebabkan oleh permintaan yang diperkirakan masih positif dari Tiongkok dan negara-negara berkembang lainnya.

Bahan baku utama untuk memproduksi Re-PSF adalah botol PET plastik yang kemudian diolah dan didaur ulang. Untuk mengumpulkan bahan baku tersebut dari masyarakat, Inocycle telah menyediakan berbagai titik pengumpulan dan meluncurkan upaya untuk meningkatkan kesadaran melalui anak usahanya PT Plasticpay Teknologi Daurulang. Botol PET yang sudah dikumpulkan tersebut kemudian dibersihkan secara menyeluruh pada fasilitas pencucian atau washing facility.

INOV telah mengoperasikan fasilitas pencucian (washing facilities) di 5 kota, seperti Solo, Mojokerto, Medan, Makassar, dan Subang. Sedangkan pabrik re-PSF tersebar di 4 kota yaitu Tangerang, Solo, Mojokerto, dan Medan. INOV dan PlasticPay juga menggencarkan ekspansi dan gerakan-gerakan sosial lainnya untuk mengatasi masalah sampah.

Misalnya dengan menggandeng UMKM dan pegiat Industri Kreatif di Indonesia untuk menciptakan produk-produk upcycle yang terbuat dari 100% sampah botol plastik yang telah di daur ulang oleh INOV. Upcycle adalah proses daur ulang dengan cara menciptakan barang dengan kemanfaatan baru tanpa menghilangkan bentuk asli dari barang tersebut. Misalnya mengubah kumpulan botol plastik yang telah dibersihkan dan dipotong menjadi bagian tertentu dari sebuah kerangka untuk kemudian dirangkai menjadi aksesoris.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved