Business Research Trends

Tren Penjualan Online Parfum dan Pengharum Ruangan Meroket

Tren penjualan parfum online di Tokopedia naik 2 kali lipat. (dok Tokopedia)

Industri lokal wewangian di Indonesia, termasuk parfum dan pengharum ruangan atau reed diffuser, terus mengalami kemajuan berkat kehadiran berbagai brand lokal. Di Tokopedia penjualan produk parfum naik lebih dari 2 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu.

“Sedangkan untuk penjualan pengharum ruangan, seperti reed diffuser di Tokopedia, mengalami kenaikan hingga lebih dari 13 kali lipat di periode yang sama. Hal ini mendorong Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk selalu mendukung pelaku usaha lokal, termasuk di industri wewangian, menciptakan peluang bisnis lewat platform online,” kata Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia Stefanie Yuli.

Di sisi lain, data internal TikTok juga mencatat nilai transaksi untuk produk parfum lokal di Tiktok Shop pada Januari 2023 mengalami kenaikan 100% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Data TikTok pun melihat bahwa para pembeli produk parfum lokal di Tiktok Shop terdiri dari berbagai latar belakang, dan jumlah pembeli produk parfum lokal laki-laki dan perempuan pun seimbang.

“Melihat antusiasme tinggi masyarakat terhadap brand lokal kecantikan dan perawatan diri, kami juga rutin mengadakan kampanye Tokopedia Beauty yang memberikan promo diskon hingga 90%, rilisan produk eksklusif, flash sale dan bebas ongkir agar masyarakat dapat berbelanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan hemat, termasuk parfum,” katanya.

Berkat beragam kampanye yang dihadirkan, Tokopedia mencatat beberapa daerah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk parfum selama 2023, meliputi Padang Pariaman (Sumatera Barat), Kab. Pesawaran (Lampung), Demak (Jawa Tengah), Semarang (Jawa Tengah), dan Kampar (Riau), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 3,5 kali lipat.

Selain itu, beberapa daerah di Indonesia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk reed diffuser selama 2023, antara lain DKI Jakarta, Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), Balikpapan (Kalimantan Timur), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 17 kali lipat.

Salah satu brand yang berjualan secara online via Tokopedia adalah Alchemist Fragrance. Untuk meningkatkan awareness konsumen, Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila memanfaatkan platform video singkat TikTok dan platform marketplace Tokopedia. Sejak berjualan melalui Tokopedia, penjualan Alchemist Fragrance meningkat 2 kali lipat di tahun 2023 dibanding tahun 2022.

“Kami juga rutin mengikuti berbagai kampanye Tokopedia, seperti Cantik Fest, Tokopedia Beauty hingga Beli Lokal yang diusung Tokopedia dan TikTok. Dengan mengikuti kampanye Beli Lokal, Alchemist Fragrance mencatat kenaikan nilai transaksi hampir 1,5 kali lipat (data periode 12 Desember 2023-12 Februari 2024 dibandingkan 12 Desember 2022-12 Februari 2023),” ujar Naya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved