Automotive

Jurus ASLC Perkuat Bisnis Lelang dan Retail Mobil Bekas

Mengawali tahun 2024, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) tengah memperkokoh ekosistem bisnis lelang dan ritell mobil bekas yang digeluti perseroan. Saat uni perseroan sedang mengembangkan jaringan usaha gadai yang dijalankan anak usaha PT Autopedia Sukses Gadai (ASG).

Bisnis gadai ini dinilai unggul bagi bisnis perseroan karena dapat memudahkan pelanggan dengan transaksi yang efisien. ASLC berharap dapat memperluas layanan akan kebutuhan dana, khususnya kepada pelanggan JBA (bisnis lelang) dan meningkatkan transaksi segmen dealer-to-dealer (D2D).

“Bisnis gadai ini merupakan keunggulan tersendiri bagi ASLC dalam melayani pelanggan, karena akan memudahkan pelanggan dengan transaksi bisnis yang lebih efisien. Kami berharap, bisnis gadai yang masih dalam tahap awal pengembangan ini dapat meningkatkan penyaluran pinjaman kepada pelanggan JBA maupun pasar yang lebih luas,” kata Presiden Direktur ASLC Jany Candra.

Untuk mengembangkan bisnis gadai ini, perseroan kembali menyuntikkan modal sebesar Rp10 miliar ke ASG selama Januari dan Februari 2024 sehingga total modal disetor dan total modal ditempatkan menjadi Rp17,5 miliar. Ini merupakan penambahan modal yang ketiga, sebelumnya pada September 2023 dan Desember 2023 ASLC juga melakukan peningkatan modal masing-masing Rp2,5 miliar.

ASG telah memiliki dua kantor cabang yang melayani kebutuhan pinjaman dengan jaminan mobil yaitu di JBA cabang Jakarta Raya dan Jakarta Tipar, serta sedang dalam proses pembukaan cabang di Pondok Pinang. Suntikan dana tersebut juga dipakai untuk ekspansi cabang, terutama di lokasi dekat dengan pengusaha mobil bekas.

“ASLC menargetkan ASG akan memiliki minimal 3 kantor cabang pada akhir tahun 2024. ASG baru mendapatkan ijin usaha pada 12 Juni 2023 dan sudah menunjukkan hasil pada Kuartal III 2023 dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp57 juta,” ujarnya.

Selain bisnis gadai, ASLC juga akan memperluas model bisnis lainnya yang sudah teruji yaitu Caroline.id. Perseroan menargetkan Caroline.id akan memiliki minimal 18 cabang dealer pada akhir tahun 2024.

Terbaru pada 22 februari 2024, ASLC juga kembali mendirikan perusahaan baru bernama PT Autopedia Gadai Jabar (AGJ). Perusahaan baru ini akan melakukan kegiatan usaha pegadaian konvensional dengan persetujuan otoritas terkait. Investasi yang digelontorkan yaitu modal dasar Rp10 miliar dan modal ditempatkan dan disetor penuh Rp2.5 miliar.

Para pemegang saham perusahaan yang baru dibentuk tersebut yakni PT Autopedia Sukses Gadai sebesar 99,99996% atau setara dengan Rp2.499.999.000 dan PT Autopedia Sukses Lestari Tbk sebesar 0,00004% atau setara dengan Rp1.000. “Tujuan pembentukan PT AGJ adalah untuk memperluas layanan fasilitas pembiayaan singkat dengan jaminan kendaraan (Gadai) di wilayah Provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi pengguna yang besar,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasinya kepada BEI, Kamis (24/02/2024).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved