Capital Market & Investment

Buyung Poetra (HOKI) Optimalkan Distribusi Beras Jagung di Jaringan Ritel

Foto : Istimewa.

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), produsen beras ternama merek Topi Koki, mencermati minat masyarakat terhadap produk DailyMeal Rice berupa beras jagung dan beras singkong terus meningkat di awal tahun 2024. Oleh karena itu, perseroan akan mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal ke berbagai pasar eceran dan farmasi.

Salah satu pendorong permintaan produk DailyMeal adalah kepedulian masyarakat akan kesehatan. Saat ini, masyarakat sadar terhadap pentingnya mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi serta rendah gula. DailyMeal Rice merupakan beras khusus yang bebas gula. Meski demikian, rasa produknya mirip seperti nasi biasa dan pulen. “Hingga awal tahun 2024, produk DailyMeal terus mengalami pertumbuhan dibuktikan dengan produk yang diisikan di rak-rak minimarket maupun retail ketika terjadi kelangkaan beras putih,” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Selain meningkatkan jaringan distribusi, HOKI juga menambah varian produk DailyMeal yaitu beras merah. Sebagai informasi, saat ini DailyMeal, adalah produk baru FMCG (fast moving consumer goods) dari HOKI yang terdiri dari DailyMeal Rice dan DailyMeal Eats.

DailyMeal Rice adalah produk beras kemasan sehat yang saat ini memiliki varian beras jagung, beras singkong. Adapun, DailyMeal Eats adalah produk beras berbumbu warisan Nusantara yang telah menyajikan pilihan varian nasi uduk, nasi kebuli dan nasi goreng spesial pedas.

Guna mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal, HOKI akan terus menggencarkan pemasaran ke berbagai retail market untuk semakin memudahkan konsumen mendapatkannya. Saat ini, produk DailyMeal ini sudah bisa ditemukan di berbagai retail market terdekat seperti Indomaret, Alfamidi, Superindo, Hero, Lottemart, HariHari, dan sebagainya.

Perseroan di kuartal keeempat tahun lalu telah memperbanyak jaringan distribusi di berbagai wilayah di Pulau Jawa. Tidak hanya melalui retail market, penambahan jaringan distribusi DailyMeal juga dilakukan melalui jaringan retail farmasi seperti Kimia Farma, Watsons dan Century, bahkan juga tersedia di stasiun pengisian bahan-bakar umum Shell.

Sejak diluncurkan pada tahun 2022 sebagai bagian dari proses transformasi usaha HOKI ke bisnis FMCG, permintaan terhadap produk beras khusus dengan merek DailyMeal yang dijalankan oleh anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) ini terus mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari kinerja HDN yang membukukan penjualan sebesar Rp 3,5 miliar di kuartal III/2023, atau meningkat 843% dibandingkan periode yang sama di 2022.

Perseroan terus fokus mengembangkan bisnis FMCG agar tidak bergantung ke produksi dan distribusi beras putih saja. HOKI optimis tahun ini akan dapat mencapai pertumbuhan penjualan lebih dari 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Target ini diharapkan tercapai kendati industri beras penuh tantangan dan tren minat konsumen yang masih positif terhadap produk DailyMeal Rice dan DailyMeal Eat.

Tahun ini, HOKI menganggarkan belanja modal atau capex sekitar Rp 15 miliar. Mayoritas dari belanja modal tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk FMCG melalui PT HDN seperti pembelian tanah, pembangunan pabrik dan lainnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved