Marketing Trends

Lebih 300 Perusahaan Dalam dan Luar Negeri Pamerkan Mebel di IFFINA 2024

Industri mebel dan kerajinan merupakan salah satu industri utama penunjang perekonomian nasional Indonesia. Dalam kondisi global yang belum pulih akibat perang dan pelemahan permintaan dunia, industri ini masih menyumbangkan nilai ekspor yang signifikan serta turut mendukung kegiatan industri pariwisata dan hospitality di dalam negeri dengan nilai hampir mencapai Rp16 triliun.

Secara nasional, nilai ekspor mebel dan kerajinan Indonesia melemah sebesar 28% pada periode Januari-September 2023 dibandingkan tahun 2022, yaitu dari 2,5 miliar dolar Amerika menjadi hanya 1,8 miliar dolar Amerika. Dengan penurunan pada sektor mebel sebesar 30,63% dan sektor kerajinan 20,59%. Untuk sektor mebel, kontribusi terbesar didominasi oleh produk furnitur kayu 57,31%, kemudian diikuti oleh furnitur rotan 5,75%, dan furnitur metal 3,47%.

Menjawab tantangan kelesuan industri furnitur secara global tahun lalu, Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) menyelenggarakan pameran International Furniture and Craft Fair Indonesia (IFFINA) Indonesia Meubel & Design Expo di ICE BSD City, Tangerang Selatan pada semester kedua tahun 2023.

IFFINA mencatat hasil positif dengan menghadirkan 300 perusahaan dari dalam dan luar negeri yang berpameran selama 4 hari dan dihadiri oleh lebih dari 10.000 pengunjung. Lebih dari 10% pengunjung tersebut merupakan pengunjung, buyer dan desainer internasional dan berasal dari 41 negara, antara lain Amerika, Australia, China dan negara-negara Eropa.

“Penyelenggaraan IFFINA menjadi salah satu platform untuk mencapai dua tujuan utama ASMINDO, yaitu untuk meningkatkan penguasaan pasar furnitur dan kerajinan di dalam negeri serta meningkatkan nilai ekspor furnitur dan kerajinan Indonesia. Tema yang diusung dalam IFFINA 2024 yakni Sustainable by Design yang akan mengutamakan praktik keberlanjutan juga perhatian kepada lingkungan dalam industri ini,” ungkap Ketua Umum ASMINDO Deddy Rochimat dalam keterangan tertulis (26/02/2024).

IFFINA 2024 – Indonesia Meubel & Design Expo akan kembali menghadirkan para pelaku industri yang bergerak di bidang furnitur, kerajinan, homeware, home fabric serta aksesori dekoratif. Tidak ketinggalan, para desainer interior, desainer produk dan artisan yang akan hadir unjuk gigi lewat beragam wujud kreativitas.

Penyelenggaraan IFFINA tahun ini juga spesial, karena selain berada dalam agenda Furniture Event Circle di Asia, tepat setelah perhelatan Furniture China, IFFINA juga akan berkolaborasi dengan pusat pameran dan pameran perdagangan internasional yang berlokasi di Jerman (Koelnmesse) untuk meluncurkan edisi perdana interzum showcase.

Pameran interzum adalah salah satu pameran dagang dunia dalam bidang produksi furnitur dan desain interior akan hadir memenuhi kebutuhan dinamis pasar Indonesia. Pameran ini akan menawarkan sebuah showcase yang berfokus pada perdagangan serta akan menampilkan tren terkini, teknologi mutakhir dan solusi inovatif dalam ranah produksi furnitur dan desain interior.

Interzum showcase akan menghadirkan serangkaian solusi mutakhir dalam 5 segmen utama seperti fungsi dan komponen, tekstil dan home fabrics, sistem tata cahaya dan lampu, material dan alam serta flooring atau bahan untuk lantai.

Bersama-sama, Koelnmesse dan IFFINA menghadirkan interzum showcase yang perdana. Kemitraan ini menandakan komitmen bersama dalam memajukan industri furnitur Indonesia. Interzum showcase di dalam IFFINA menawarkan sebuah platform unik untuk mengedepankan tren dan solusi termutakhir, meredefinisi lanskap produksi furnitur dan desain interior dalam pasar yang dinamis ini.

“Kami mengumumkan bahwa sejumlah brand penting dalam industri ini telah berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pameran ini, menambahkan kedalaman substansi dan keahlian bagi showcase ini. Kami mengapresiasi IFFINA untuk kolaborasi transformatif ini, menyiapkan panggung untuk sebuah masa depan ketika inovasi dan kolaborasi berkembang dengan baik,” papar Managing Director and VP Asia Pacific of Koelnmesse Pte Ltd, Mr. Mathias Kuepper.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved