Marketing Trends

Merambah Produk Dispenser, Niko Incar Market Share 15%

Tak puas hanya memiliki produk kompor, brand Niko yang memili tagline ’Rajanya Kompor Kaca’ berinovasi dengan merilis varian produk baru. Kali ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan merilis dispenser galon bawah merek Takara. Produk ini membuat hidup pengguna lebih praktis, karena tak perlu repot memasak air panas menggunakan kompor.

“Anda tak perlu repot ketika memasangkan air galon. Ibu-ibu di rumah tak perlu menunggu suami pulang dari pekerjaan, hanya untuk memasangkan galon air. Karena posisi galon berada di bawah,” ungkap Tjandra Lianto, Direktur Marketing PT Niko Elektronik Indonesia dalam keterangan tertulis (26/02/2024).

Tjandra mengklaim, keunggulan Dispenser Niko Galon Bawah adalah lebih higienis dibanding dengan dispenser galon atas. Debu tidak akan masuk ke sela-sela lubang antara kepala galon dan saluran pipa air dispenser. Di samping itu, tidak banyak memakan tempat. “Tampilan Dispenser menjadi lebih stylish ketika ditaruh di sudut ruangan atau area lainnya. Malahan bisa menjadi pemanis ruangan,” ungkap Tjandra.

Material dispenser ini sudah memenuhi standar food grade, yaitu ABS. Untuk diketahui semua standardisasi material food grade artinya layak digunakan untuk memproduksi perlengkapan makanan. Material akan dianggap memenuhi food grade jika tidak memindahkan zat-zat berbahaya dari produk wadah tersebut ke makanan yang akan dikonsumsi. Sehingga tujuannya untuk menjaga kualitas makanan.

Ada syarat-syarat yang dikualifikasikan sebagai food grade, antara lain: tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan, tidak mengubah rasa makanan, tidak mentransfer unsur tertentu dalam makanan. “Jadi dispenser Galon Bawah Niko aman, tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan manusia,” tandas Tjandra mengklaim.

Ada tiga varian dispenser Niko ini: dispenser 2 keran (panas + normal) yaitu seri Takara TB2W; dispenser 3 keran (panas, dingin, normal) yaitu seri Takara TB3B; dispenser 3 keran varian eksklusif: Takara TB3BK. Semua varian tersebut memiliki keunggulan masing-masing sesuai segmentasinya. Untuk Takara TB2W misalnya, dilengkapi dengan dua kran; Hot dan Normal. Kapasitas tangki air mencapai 1.600 mili dan tangki air panas 650 ml dengan temperature panas hingga 85 derajat. Untuk tipe ini segmentasi yang dibidik adalah konsumen yang hanya membutuhkan air panas dan air normal saja (tidak dingin). Takara TB2W hadir dengan teknologi Z-pipe. Teknologi ini mampu menyedot air hingga ke dasar air tanpa sisa. Tangki air terbuat dari bahan stainless steel anti karat. Fitur pendukung lainnya adalah Light Indicatior, Child Lock Push Button, Automatic Heat Safety Sensor.

“Fitur Child Lock Push Button berfungsi sebagai pengunci keran air panas untuk menjaga keamanan tertumpahnya air panas, terutama bagi anak-anak. Tombol ini menyatu dengan keran Hot. Ketika pengguna ingin mengonsumsi air panas, tinggal menggeser tombol kecil berwarna merah ke sebelah kanan sembari menekan keran Hot,” papar Tjandra. Untuk varian ini, lanjut Tjandra hadir dengan kombinasi warna: putih + abu, putih + merah, putih + biru.

Produk andalan lainnya adalah Takara TB3B dilengkapi dengan tiga kran: Hot, Cold dan Normal. Untuk kapastias dan daya tampung air serta material, sama seperti Takara TB2W. Hanya saja dispenser ini lebih komplit karena memiliki tiga keran air. “Produk ini lebih komplit karena memiliki tiga keran air, panas, dingin, normal. Sehingga konsumen memiliki banyak pilihan,” ucap Tjandra.

Adapun kapasitas tangka air Takara TB3W, sama dengan Takara TB2W: 1.600 mili dan tangki air panas 650 ml dengan temperature panas hingga 85 derajat dan tingkat kedinginan air antara 10 – 15°C. Konsumsi Listrik pun sangat rendah. Hanya membutuhkan daya 450 Watt untuk memanaskan air dan 65 watt untuk air dingin. “Fitur pendukung lainnya pun sama dengan TAKARA TB2W. Dilengkapi dengan Light Indicatior, Child Lock Push Button, Automatic Heat Safety Sensor. “Fitur Child Lock Push Button menjadi fitur wajib di produk kami,” tandas Tjandra.

Produk terakhir adalah varian eksklusif: Takara TB3BK. Dispenser ini hadir dengan tiga keran dengan tutup kaca. Tampilan Dispenser ini benar-benar eksklusive membuat inetrior ruangan Anda lebih stylish dan mewah. “Untuk Takara TB3BK hadir dengan warna kombinasi hitam glossy + chrome serta tutup kaca. Paduan waarna yang ciamik membuat interior ruangan menjadi lebih mewah,” ucap Tjandra.

Handoyo Xue, Managing Director Niko Elektronik Indonesia optimistis dispenser galon bawah besutan Niko akan diserap pasar dengan baik. “Pasarnya masih terbuka lebar. Apalagi, Dispenser Niko hadir dengan harga kompetititf. Untuk Takara TB2W dibanderol dengan harga Rp 700 ribuan, Takara TB3B dibanderol dengan harga di bawah 1 juta dan varian eksklusif Takara TB3BK dipasarkan dengan harga Rp 1 juta an. Kami menargetkan untuk menguasai pangsa pasar dispenser agar antara 10 – 15%,” ungkap Handoyo.

Handoyo menambahkan, hadirnya Niko di bisnis dispenser menambah komplitnya varian produk untuk kebutuhan konsumen. “Kami sudah memiliki produk kompor kaca, speaker, panci, dan elektronik lainnya. Fokus Niko tetap sebagai raja kompor kaca di Indonesia dan dengan bertambahnya varian produk Niko membuat konsumen semakin dimanjakan dengan produk berkualitas kami. Sisi lain, ini menunjukkan bahwa bisnis kami terus berkembang,” tutur Hadoyo.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved