Management SWA Online Trends

Mandala Finance dan Prestasi Junior Indonesia Tingkatkan Produktivitas UMKM

DEEP Business Appreciation yang digelar Mandala Finance.

PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengimplementasikan program pelatihan dan pendampingan bagi UMKM bertajuk Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP).

Berlangsung sejak Februari 2023, program ini telah memfasilitasi 51 pengusaha muda berusia 18-35 tahun di Kota Padang untuk dapat mengasah kompetensi dalam manajemen bisnis, memperluas jangkauan pemasaran dengan digital, serta meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan personal dan bisnis. Hasilnya, mereka mampu mengumpulkan total pendapatan bisnis hingga Rp4,26 miliar, melayani lebih dari 44 ribu transaksi penjualan hingga ke sejumlah wilayah di luar Kota Padang, dan menciptakan kesempatan kerja bagi 64 orang selama enam bulan masa pendampingan.

Business General Manager Sumatera Mandala Finance Trisno Situmeang mengungkapkan, angka yang fantastis tersebut merefleksikan besarnya potensi sektor UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara spesifik, pengelolaan bisnis yang lebih terstruktur dan pemanfaatan digital yang dilakukan terbukti efektif meningkatkan kapasitas dan kinerja bisnis mereka.

“Kami berharap seluruh pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh melalui program ini dapat menjadi aset berharga bagi mereka untuk terus tumbuh menjadi tokoh muda pemimpin bisnis yang menggerakkan ekosistem kewirausahaan digital di Sumatra Barat,” ujar Trisno.

Sektor UMKM yang mampu menopang 61,97% produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97% total tenaga kerja Indonesia memainkan peran sentral dalam roda perekonomian negara. Lebih dari itu, pelaku usaha yang telah memasuki ranah daring di lokapasar menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air.

Untuk mengoptimalkan kontribusi UMKM tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital yang baru diluncurkan Desember lalu akan fokus melakukan intervensi pada sektor UMKM untuk mendorong pengadopsian produk dan layanan digital yang dapat membantu peningkatan akses pasar dan produktivitas usaha. Oleh karena itu, kehadiran program DEEP ini diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap upaya pemerintah tersebut.

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Padang Corri Saidan mengungkapkan, program ini sejalan dengan visi Pemerintah Kota Padang dalam mewujudkan masyarakat yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, dan pariwisata unggul serta berdaya saing, sekaligus misi kami dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta mewujudkan Kota Padang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif. “Semoga kolaborasi dapat terus dikembangkan untuk mendukung kami dalam melakukan pembinaan terhadap 112 ribu UMKM Kota Padang,” tuturnya dalam siaran pers (27/02/2024).

Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia Pribadi Setiyanto menambahkan, program DEEP dirancang untuk mengokohkan empat komponen fundamental pada para peserta, yaitu pengetahuan manajemen bisnis, keterampilan pengelolaan keuangan personal dan bisnis, pemanfaatan teknologi untuk perluasan akses pasar, serta kepercayaan diri untuk berinovasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved