Trends Economic Issues

Investasi Industri Asuransi Jiwa pada 2023 Capai Rp541 Triliun Lebih

Konferensi pers kinerja industri asuransi jiwa tahun 2023. (foto Ubaidillah/Swa)

Investasi industri asuransi jiwa mencatatkan pertumbuhan yang positif. Dari 56 perusahaan asuransi jiwa yang melapor, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat total aset industri asuransi jiwa tumbuh 0,7% dengan perolehan nilai Rp614,61 triliun.

Kepala Departemen Investasi AAJI Rahmat Syukri menuturkan bahwa ekosistem investasi yang terjaga stabil pada tahun 2023 memberikan kepercayaan kepada investor untuk menempatkan dananya di berbagai instrumen investasi. Sampai dengan akhir Desember 2023, total investasi industri asuransi jiwa mencapai Rp541,17 triliun, meningkat 0,8% dibanding tahun 2022.

“Total investasi kami di SBN hingga akhir tahun 2023 mencapai Rp183,23 triliun, naik 28,2% dibandingkan tahun 2022. Total investasi ini mendominasi total investasi asuransi jiwa sebanyak 33,9% sesuai regulasi yang mendorong penempatan dana lebih banyak di SBN,” kata Syukri dalam konferensi pers, Selasa (27/02/2024).

Syukri menilai SBN cocok dengan karakteristik kontrak jangka panjang asuransi jiwa. Menurutnya, peningkatan investasi di SBN mengukuhkan dukungan industri asuransi jiwa pada pembangunan jangka panjang pemerintah.

“OJK telah mengatur porsi penempatan investasi asuransi jiwa dan kami berkomitmen untuk tunduk pada aturan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil investasi industri asuransi jiwa sebesar 46,2% menjadi total Rp32.03 triliun. Kami mengedepankan prinsip kehati-hatian dan melakukan penyesuaian penempatan investasi dengan karakteristik bisnis perusahaan,” ucap Syukri.

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon berharap, ke depan industri agar semakin memperkuat komitmen dalam memberikan proteksi dan pelayanan kepada masyarakat Indonesia. Hasil positif pada tahun lalu perlu dijaga agar dapat menghadapi tahun 2024.

“Berbagai tantangan yang terjadi di tahun 2023 telah dilewati. Hasil yang positif perlu kita jaga dan menjadi dorongan untuk menghadapi tahun 2024 dengan lebih bijaksana. Dengan semangat transformasi dan kolaborasi mari kita jaga stabilitas industri asuransi jiwa agar tetap menjadi garda terdepan dalam melindungi dan melayani masyarakat Indonesia, ” ucap Budi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved