Financial Report Capital Market & Investment

FIF Group Cetak Laba Tertinggi Sejak Berdiri

PT Federal International Finance (FIF) Tbk mencatat laba bersih sebesar Rp4,1 triliun pada tahun 2023. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 29,4% secara year-on-year (yoy) dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar Rp3,2 triliun. Pencapaian kinerja perusahaan ini merupakan yang pertama kali sejak FIF berdiri pada 1989.

Presiden Direktur PT Federal International Finance (FIF) Margono Tanuwijaya mengatakan, pencapaian ini berkat dukungan positif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk konsumen, karyawan, lembaga pemerintah yang terkait, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas, masyarakat, media, serta lembaga lainnya.

“Keberhasilan ini tentunya dapat diraih dengan semangat kolaborasi dan ketekunan yang ditunjukkan oleh seluruh karyawan perusahaan, serta berkat dukungan dari para pemangku kepentingan untuk FIF dalam mewujudkan visi tersebut,” tutur Margono.

Lebih rinci, di tahun 2023, FIF mencatatkan nilai penyaluran pembiayaan mencapai Rp42,3 triliun atau naik sebesar 20,7% secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 senilai Rp35,1 triliun. Begitu pun jumlah unit yang dibiayai, FIF membukukan pembiayaan 3,2 juta unit atau naik 15% secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 2,7 juta unit.

Pertumbuhan juga dapat dilihat dari jumlah Net Service Asset (NSA) yang dikelola oleh FIF pada tahun 2023, yang mencapai Rp40,3 triliun. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 11,6% secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai Rp36,1 triliun. Sementara Non-Performing Finance (NPF) FIF pada tahun 2023 mencapai 0,98%.

Meski tahun 2024 dihadapi dengan berbagai tantangan, Margono menyebut, FIF akan terus mengedepankan pertumbuhan yang dibarengi dengan inovasi dan kreativitas dalam menyajikan solusi pembiayaan pilihan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan begitu diharapkan perusahaan akan terus melangkah maju dan memecahkan rekor-rekor berikutnya.

“Tahun 2024 akan membawa berbagai tantangan. Namun, kami tetap berpegang teguh pada upaya untuk mengoptimalkan setiap peluang yang ada, serta terus mendorong inovasi dan integritas dalam memberikan layanan pembiayaan untuk kesejahteraan masyarakat,” ucap Margono.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved