Strategy

Taktik Tiktok dan Tokopedia Sambut Ramadan Tahun 2024

Kurang dari dua pekan umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadan 1445 hijriah atau tahun 2024 masehi. Menyambut bulan suci ini, para perusahaan, termasuk e-commerce bersiap dengan menawarkan berbagai program dan promo menarik.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menjelaskan, dalam menyambut Ramadan tahun ini, Tokopedia dan TikTok mengadakan kampanye Ramadan Ekstra Seru. Kampanye ini untuk menyambut bulan puasa, di mana intensi masyarakat dalam mencari produk kebutuhan lewat Tokopedia dan di aplikasi TikTok menjadi lebih tinggi.

“Untuk mengakomodasi hal tersebut, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan dengan sederet promo hingga 5 April 2024. Masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan flash sale hingga 90%, bebas ongkir bahkan untuk pengiriman antarpulau,” kata Aditia, kemarin.

Aditia mengatakan bahwa, kampanye tersebut merupakan upaya TikTok dan Tokopedia untuk membantu masyarakat berbelanja kebutuhan menjelang Ramadan dengan lebih hemat dan seru. Selain itu, kampanye ini memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha lokal khususnya UMKM untuk meningkatkan penjualan menjelang Ramadan.

“Menjelang momen besar seperti Ramadan, animo belanja masyarakat cenderung makin meningkat. Tokopedia dan TikTok melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Ramadan. Di Tokopedia, sejumlah kategori produk, seperti Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Otomotif, Rumah Tangga, dan Fesyen menjadi yang paling diburu oleh masyarakat menjelang Ramadan,” katanya.

Untuk kategori makanan yang sering dicari adalah telur, buah dan seafood, kategori kecantikan dan perawatan tubuh yakni masker kecantikan, make up tools, parfum, lalu barang otomotif yang banyak dicari itu motor, mobil, ban mobil dengan rata-rata kenaikan penjualan lebih dari dua kali.

Sementara kategori rumah tangga barang yang diburu berupa alat pertukangan, alat masak, alat makan dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 3 kali. Untuk kategori fesyen masyarakat mencari gamis, baju muslim keluarga dan baju koko dengan rata-rata kenaikan penjualan hampir 4 kali.

Sedangkan di Tiktok Shop pada aplikasi TikTok, kategori produk seperti kecantikan dan perawatan tubuh, rumah tangga, elektronik, dan fesyen menjadi yang paling diminati masyarakat menjelang Ramadan 2024 (data 14-20 Februari 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Januari 2024). Rinciannya kecantikan naik 10%, rumah tangga 17%, elektronik meningkat 20% dan fesyen, khususnya untuk muslim naik 37%.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved