Management Trends

Konsistensi L’oréal Hairducation Cetak Generasi Muda Siap Kerja di Industri Tata Rambut

Memasuki usia ke-7, L’Oréal Hairducation terus memperkuat kemitraan strategis dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Tata Kecantikan Rambut di seluruh Indonesia dalam mencetak hairdressers berkualitas dan siap kerja di industri tata rambut.

Melanie Masriel, Chief of Corporate Affairs, Engagement, and Sustainability PT L’Oréal Indonesia mengatakan, industri hairdressing terus berkembang dan bertransformasi mengikuti perkembangan zaman sehingga perlu disiapkan talenta-talenta yang semakin berkualitas dan terus diperkaya dengan berbagai keterampilan terbaru dalam hal kemampuan teknis, kreativitas, hingga kemampuan berbisnis yang mumpuni.

“Seorang hairdresser harus memiliki passion dan kreativitas untuk dapat sukses di bidang ini. Karenanya, program L’Oréal Hairducation yang diusung oleh brand kami, L’Oréal Professionnel, merupakan wujud komitmen kami untuk turut berperan aktif dalam mendukung program pemerintah untuk mengedukasi generasi muda dan mengembangkan kualitas talenta siap kerja di Indonesia, terutama di industri tata rambut,” jelasnya.

Sejak pertama kali dijalankan pada tahun 2017, program ini memberikan pelatihan pengembangan skill tata rambut kepada para guru SMK jurusan Tata Kecantikan Rambut terpilih di Indonesia. Kegiatan belajar mengajar turut didampingi oleh tim edukator dari L’Oréal Professionnel dan dukungan juga diberikan berupa produk untuk mendukung kegiatan pembelajaran bagi siswa SMK.

Melalui dukungan mitra salon, kesempatan praktik kerja lapangan terbuka untuk para siswa sehingga memberikan pengalaman berinteraksi langsung dengan konsumen di salon. Hingga saat ini, program L’Oréal Hairducation telah menjangkau sebanyak 28 SMK di Indonesia dengan 54 guru terlatih dan lebih dari 1.700 lulusan SMK yang siap berkarya di industri tata rambut.

Survei internal L’Oréal yang dilakukan oleh lembaga independen pada tahun 2023 mengungkapkan bahwa dampak dari program yang telah dijalankan selama 7 tahun di Indonesia di antaranya 97% lulusan merasa puas terhadap keseluruhan program dan 86% menyatakan bahwa program tersebut meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Lebih lanjut, 82% lulusan menyatakan bahwa manfaat utama dari mengikuti program Hairducation adalah untuk memperoleh kemampuan baru, seperti Basic and Fashion Coloring; Hairstyling; dan Hair Diagnosis & Consultation. Sebanyak 61% lulusan L’Oréal Hairducation kini telah menjalankan karier mereka di industri tata rambut, baik membuka salon sendiri, maupun bekerja di salon atau menjadi freelance hairstylists.

“Hal ini menjadi bukti nyata dari manfaat program L’Oréal Hairducation dalam menyiapkan lulusan SMK jurusan Kecantikan untuk masuk ke dunia kerja,” ucap Queentia Tampubolon, Education & Business Development Director, Professional Product Division PT L’Oréal Indonesia.

Uuf Brajawidagda, Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyebut bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh kepada program L’Oréal Hairducation sebagai salah satu upaya mewujudkan tranformasi SMK yang menyeluruh dan berkelanjutan.

“Melalui kemitraan ini, kami memastikan kurikulum pembelajaran sekolah vokasi jurusan tata kecantikan terus berkembang untuk dapat menjawab kebutuhan industri salon yang dinamis,” katanya.

Asal tahu, industri tata kecantikan rambut memiliki potensi besar dengan estimasi nilai mencapai Rp11 triliun per tahun. Dengan estimasi nilai tersebut, dibutuhkan semakin banyak talenta yang siap kerja dan unggul untuk industri ini. Faktanya saat ini ada 100 ribu salon dan 5 ribu barbershop dengan perkiraan jumlah tenaga kerja sekitar 295 ribu orang.

Kedepannya, L’Oréal Hairducation pun berambisi untuk dapat menjangkau lebih banyak lagi SMK dan peserta didik hingga ke seluruh Indonesia. Bersama dengan Kemendikbud, L’Oréal Indonesia akan menambah sebanyak 10 SMK jurusan Kecantikan baru yang terpilih setiap tahunnya, sebagai bentuk komitmen jangka panjang dalam memberdayakan talenta masa depan industri hairdresser di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved