Property

Vastland Indonesia dan Flexofast Berkolaborasi Menggarap Bisnis Pergudangan Penyimapanan Dingin

Pergudangan Vastland. (Foto : Dok).

PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) dan Flexofast menjalin kolaborasi bisnis yang menyodorkan fasilitas pergudangan penyimpanan dingin (ultimate temperature controlled storage facility). Layanan yang diluncurkan pada 22 Februari 2024 ini dioptimalkan untuk menyimpan produk kecantikan dan perawatan tubuh (beauty and personal care), antara lain dengan cara mempertahankan suhu di dalam area penyimpanan pada rentang antara 25-26 derajat Celsius.

Gudang temperature controlled storage tersebut merupakan perkembangan terkini dari akusisi yang dilaksanakan VAST di Tangerang pada Desember 2023 lalu. Setelah proses perpindahan tangan, gudang tersebut sudah resmi beroperasi di bawah bendera Vastland Indonesia sejak kuartal pertama tahun ini. Emiten pengembang pergudangan ini mengakuisisi gudang tersebut sekaligus dengan tenant, mayoritas pelanggan tersebut bergerak di bidang e-commerce.

Salah satu tenant yang didapatkan dari akuisisi tersebut adalah Flexofast yang bergerak di bisnis pergudangan, e-commerce dan logistik. Flexofast merupakan partner fulfillment dan logistik yang mampu menampung hingga 5 juta pieces produk. Rata-rata produk yang ditangani adalah kosmetik dan e-commerce. Selain itu, Flexofast juga merupakan salah satu fasilitas penyimpanan kosmetik terbesar di Indonesia.

Pasca akuisisi ini, maka portofolio VAST di segmen e-commerce meningkat dari 3% menjadi 15% dengan total rented area lebih dari 12,500 m2. Selain itu, hasil akuisisi gudang di Tangerang itu mampu meningkatkan omzet perseroan sekitar 30%.

Meski sudah melaksanakan beberapa aksi akuisisi di tahun lalu, apabila ada kebutuhan yang muncul untuk ekspansi, Vastland akan mengambil peluang yang ada serta mengalokasikan dana sesuai kebutuhan yang diidentifikasi untuk memperlebar bisnis di tahun ini. “Vastland akan melihat kesempatan yang ada di tahun 2024 untuk melanjutkan ekspansi serta fokus untuk membenahi aset yang baru digarap.” jelas Direktur Keuangan VAST, Stanley V Gunawan pada Jumat (1/3/2024), Saat ini, perseroan berfokus untuk memaksimalkan okupansi gudang yang sudah dimiliki, bekerja sama dengan berbagai industri, serta memperkaya portofolio tenant.

VAST juga mengekspresikan optimisme bahwa permintaan gudang di tahun 2024 akan terus tumbuh positif sejalan dengan perkembangan ekonomi nasional yang semakin merata, didukung oleh proyek-proyek infrastruktur kunci seperti pembangunan jalan raya nasional dan jalan tol. Sebagai perusahaan yang memiliki sejumlah gudang terutama di Pulau Sumatera yang terdapat banyak proyek infrastruktur, Perseroan optimistis hal ini bakal berdampak positif dari pertumbuhan ini.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved