Trends

2024, Citra Swarna Group Targetkan Penjualan Tembus Rp 1 Triliun

Felicia Simon, Direktur Sales & Marketing CSG

Citra Swarna Group (CSG) termasuk salah satu pengembang yang sedang moncer. Hal ini tercermin dari peningkatnya penjualan sekitar 39% tahun 2023 dibanding tahun sebelumnya. Menurut Felicia Simon, Direktur Sales & Marketing CSG, tahun lalu target penjualan CSG sekitar Rp 600 miliar, tapi realisasinya mencapai Rp 900 miliar. “Tahun ini kami menargetkan sekitar Rp 1,7 triliun, dimana kontribusi dari landed house dan commersial ditargetkan Rp 1,1 triliun dan sisanya dari dari hospitality,” kata Felicia.

Diakui Felicia, sumber pendapatan terbesar masih dari proyek landed house, baik yang sedang berjalan maupun yang baru. Untuk mendukung pencapaian target 2024, CSG akan mengkaji kota-kota yang potensial untuk melakukan penetrasi bisnis. Jadi ada perluasan proyek eksisting dan penambahan proyek baru. Karena fokus kita pada end user yang memang butuh rumah, pasarnya tidak akan hilang. “Bila tahun lalu CSG berhasil menjual sekitar 1.800 unit rumah, tahun ini ditargetkan akan menjual sekitar 2.200 unit,” ujarnya.

Meningkatnya penjualan membuat optimistis CSG untuk melakukan ekspansi. Salah satu yang dilakukan awal tahun ini adalah dengan mengakuisisi Siantar City Square (PT Yan Graha Nusantara) di Pematang Siantar, Sumatera Utara melalui anak usahanya, PT Elfa Jaya Pratama. Akuisisi kawasan properti itu mencakup mal, hotel, dan water park. Penandatangan akusisisi diteken pada 27 Februari 2024.

Akuisisi kepemilikan Siantar City Square merupakan investasi dan ekpansi bisnis di kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera Utara. Tujuan akuisisi ini guna menangkap peluang baru di luar Jakarta, Karawang, Bogor dan Serang. Akuisisi ini menandai awal dari babak berikutnya CSG untuk melebarkan sayap bisnis ke bidang hospitality.

Sebelumnya, Oktober tahun lalu CSG melalui anak usaha PT Bumi Arta Sedayu melakukan ekspansi bisnis dengan mengakuisisi hotel bintang empat di Palembang. Langkah tersebut akan membuka prospek dan memperkokoh eksistensi CSG di pasar hospitality, serta memberi nilai tambah dalam jangka panjang. “Kami berharap tambahan portofolio akan semakin memperkuat basis pertumbuhan dari peningkatan pendapatan berulang (recurring income) di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Selain itu, CSG juga sedang melakukan penjajakan akuisusi penjajakan di wilayah Jawa Timur. Mengingat tahun ini CSG tidak hanya fokus pada pengembangan rumah dan ruko, tapi juga pada bisnis lain. “Ekspansi CSG juga akan dilakukan ke wilayah Medan, Bogor, Palembang, Balikpapan, ditambah satu di Jabodetabek,” ujarnya.

Sebagai info, CSG merupakan perusahaan pengembang properti yang menjalankan proyek real estat di Jabodetabek dan Karawang. Didirikan tahun 2004, mengakusisi 18 proyek perumahan antara lain: Kartika Residence, Karawang, Citra Swarna Grande, Karawang, Citra Swarna Riverside, Bogor, Citra Swarna Tembong City, Serang dan Dharmawangsa Hills, Bogor.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved