Technology Trends

Resmi Beroperasi, Pusat Data E1 DCI Layani Sektor-Sektor Vital

Gedung DCI E1 yang berlokasi di Kuningan, Jakarta. (Dok. DCI)

Penyedia layanan infrastruktur pusat data, PT DCI Indonesia Tbk mengumumkan pusat data Tier IV terbarunya yakni E1, telah beroperasional dan melayani pelanggan. E1 berlokasi di Ariobimo Sentral, Kuningan, Jakarta.

Sejak dimulainya operasional pada Desember 2023 lalu, pusat data E1 telah melayani pelanggan dari sektor-sektor vital seperti perbankan, telekomunikasi dan manufaktur termasuk BUMN. E1 juga memiliki nilai tambah signifikan bagi sektor-sektor finansial, cloud, e-commerce, serta content delivery network (CDN).

“Kami memilih E1 karena DCI menawarkan kualitas layanan dan sertifikasi terbaik. Kami senang bahwa pusat data kami di E1 sudah beroperasi,” ungkap Ritsuo Fukadai, Presiden Direktur PT Bank Jtrust Indonesia Tbk sebagai salah satu pengguna pusat data E1.

Pusat Data E1 dinilai memberikan solusi infrastruktur dengan manfaat latensi rendah dengan berlokasi di tengah kota (edge), serta fasilitas dan operasional kelas dunia. Dengan kapasitas total mencapai 18 Megawatt IT load, E1 sudah beroperasi sesuai dengan standar Tier IV—yang merupakan standar tertinggi di dunia— dengan backup semua alat yang andal dan operasional yang berbasis otomasi dan AI.

Solusi tersebut bertujuan untuk memberikan layanan yang sesuai dengan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh pelanggan di industri. Ekosistem telekomunikasi di E1 juga merupakan pilar penting.

“Peluncuran dan operasional layanan kami di E1 berjalan dengan lancar. Bisnis connectivity kami sudah aktif melayani pelanggan di E1 sejak Januari 2024,” tambah Gunawan Raharjo, Head of Technical Solution PT iForte Solusi Infotek.

Menurut Structure Research, segmen pasar pusat data edge-hyperscale diproyeksikan akan bertumbuh lebih dari 35% per tahun. Ini merupakan dampak dari berkembangnya IOT, 5G dan AI.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved