Trends

Praktisi HRD Jabodetabek Bahas Pentingnya Peran HRD untuk Perusahaan

Human Resource Development (HRD) adalah salah elemen dalam manajemen perusahaan. Tugas mereka beragam. Mungkin Anda beranggapan bahwa mereka hanya bertugas melakukan rekrutmen karyawan. Namun nyatanya, tanggung jawabnya cukup kompleks.

HRD adalah departemen dalam perusahaan yang memiliki tugas untuk mengelola karyawan dari berbagai macam aspek. Pengelolaan tersebut bertujuan agar karyawan dapat bekerja dengan maksimal dan berkontribusi bagi kesuksesan perusahaan. Umumnya, tugas mereka secara garis besar selain melakukan rekrutmen adalah memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan, evaluasi kinerja, membagikan kompensasi hingga perlindungan pada lingkungan kerja.

Lalu, mengapa harus ada HRD? Mengapa fungsi tersebut tidak dijalankan oleh masing-masing departemen? Mengapa perusahaan tidak mempercayakan ke pihak eksternal saja untuk mengelola karyawan?

Tanggung jawab HRD dalam perusahaan sangat besar. Mereka harus mampu melakukan perencanaan. Mereka harus memiliki perencanaan yang baik untuk Planning, Recruitment, Performance Management, Training & Development, Compensation & Benefit, Industrial Relation hingga Administration.

Semua aktivitas tersebut perlu perencanaan yang baik dan harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari penyusunan form, surat, working instruction, procedure, policy dan sebagainya.

Kemudian, HRD bertanggungjawab merekrut sumber daya manusia (SDM) yang tepat. Pemilihan SDM menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan. Dalam proses perekrutan, HRD berperan penting dan bertanggung jawab besar dalam pemenuhan SDM yang sesuai dengan persyaratan. Setelah itu, mereka juga bertanggung jawab menentukan di mana posisi yang tepat untuk karyawan tersebut

Selanjutnya, mereka harus menjaga performa para karyawan. Sebab, SDM dalam perusahaan adalah aset penting dan harus dijaga demi performa serta produktivitas. HRD bertanggung jawab melakukan observasi pada seluruh karyawan dan menggali potensi mereka.

Oleh karenanya, ketika sebuah perusahaan tidak memiliki HRD, maka akan banyak fungsi yang akan berantakan dalam perusahaan tersebut. Memahami peran dan tanggung jawab sembari meningkatkan skill, sangat penting untuk orang-orang yang berkecimpung di dunia kerja sebagai HRD. Ada banyak langkah untuk membangun kemampuan menjadi seorang HRD.

Banyak cara untuk membangun skill HRD. Seperti yang dilakukan oleh puluhan peserta Kopdar KelasHR.com Jabodetabek pada 20 Februari 2024 lalu di Central Park Mall, Jakarta Barat. Mereka adalah 74 praktisi HR dari berbagai perusahaan di Jakarta dan sekitarnya yang belajar langsung dari Pambudi Sunarsihanto, HR Director PT Kapal Api Global yang i berpengalaman bekerja sebagai HR Director di Aqua Danone, Citibank, hingga BlueBird Group.

Pambudi bercerita tentang strategi yang dia lakukan dalam membenahi Bluebird Group tahun 2019 hingga 2022. Kala itu, bisnis taksi tergerus keberadaan transportasi online, apalagi ditambah adanya pandemi Covid-19. Harga saham BlueBird pun terjun bebas hingga mayoritas bisnis taksi gulung tikar. “Namun dengan strategi yang tepat, dalam kurun dua tahun BlueBird mampu bangkit dari keterpurukan. Bahkan harga sahamnya naik 290 % dan eksis hingga sekarang,” kata Pambudi.

Kemudian, Kopdar tersebut juga mengulas langkah strategis dalam menghadapi masa krisis, penting untuk mengambil keputusan tepat. Yang pertama dengan Strengthening The Foundation, yakni mengenali keunggulan diri dan memperkuatnya. Sesekali cek dengan kompetitor. Lalu, strategi Fight for Survival, berusaha untuk bertahan. Setelah masalah datang, akan datang masalah yang lebih berat. Setelah itu, barulah kemudahan akan didapat. “Terakhir Build Your Future, yakni adaptasi dengan masa kini dan lakukan perubahan.

Kopdar tersebut menjadi ajang berkumpulnya para praktisi HRD sembari meningkatkan skill dan membangun relasi. “Kopdar ini merupakan kegiatan yang akan direncanakan tiga kali dalam setahun di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Dengan harapan untuk membangun relasi para praktisi HR dari berbagai perusahaan di sekitar Jabodetabek dan berbagi informasi,” jelas pendiri KelasHR.com, Saiful Anwar Al-Fatih dalam keteragan tertulis (01/03/2024).

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved