Trends

Kolaborasi LG & FoodCycle Indonesia Edukasi Food Waste

Kolaborasi LG & FoodCycle Indonesia Edukasi Food Waste

Jumlah food waste atau makanan yang terbuang dan menjadi sampah terus meningkat di Indonesia. Dalam catatan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/Bappenas) melaporkan, pembuangan limbah makanan nasional ini berdampak antara lain pada kerugian ekonomi yang mencapai Rp 213 – 551 triliun per tahunnya.

Kesalahan terhadap pemahaman bahwa pangan terbuang bersifat organik dan dapat terurai secara hayati ini berkontribusi pada lonjakan produksi sampah makanan. Ketika lonjakan ini tak mendapat perhatian, masalah serius seperti ancaman gas metana, pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan akibat buruknya pengelolaan sampah akan menjadi permasalahan baru.

Menurut Lee Tae-Jin, Presiden PT. LG Electronics Indonesia (LG), food waste juga berkontribusi pada total emisi gas rumah kaca secara internasional. Menyadari hal ini, LG berkomitmen untuk turut mengatasi persoalan food waste and insecurity sebagai isu penting dalam kehidupan sehari-hari. “LG secara aktif mendorong kolaborasi cerdas dan lebih baik untuk mengatasi masalah-masalah penting secara berkelanjutan,” katanya.

Hal ini diwujudkan LG dengan menggandeng FoodCycle Indonesia, sebagai sebuah gerakan penyadaran, kampanye ini mendorong tindakan-tindakan sederhana seperti memanfaatkan kembali buah-buahan yang bentuknya kurang baik menjadi sebuah hidangan lezat dan bergizi. Upaya-upaya ini bertujuan menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab diantara individu, sekaligus mendorong dampak positif pengurangan sampah dan mendukung masa depan berkelanjutan.

Menurut Herman Andryanto, Co-Founder FoodCycle Indonesia, kolaborasi dengan LG Indonesia dalam mempromosikan edukasi mengenai pentingnya praktik pangan berkelanjutan. Kampanye ini, untuk memutus siklus kelaparan pada komunitas kurang mampu. “Kami optimis, inisiatif ini dapat memberikan contoh nyata kepada masyarakat, khususnya generasi muda, tentang cara memerangi food waste and insecurity secara berkelanjutan," kata Herman.

Kampanye ini bagian komitmen perusahaan terhadap Tata Kelola Lingkungan, Sosial dan Perusahaan (Environment, Social and Governance - ESG) di bawah pilar 'LG Loves and Cares'. “Kampanye inspiratif ini menunjukkan komitmen LG meningkatkan kualitas hidup melalui inisiatif tanggung jawab sosial. Kami meyakini perlunya mengambil tindakan secara lokal untuk melakukan perubahan secara global,” ujar Lee.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved