Trends

Pendaftaran Satu Indonesia Award Astra 2024 Dibuka, Ini 5 Kriteria Penilaiannya

Pendaftaran Satu Indonesia Award Astra 2024 Dibuka, Ini 5 Kriteria Penilaiannya
Astra resmi membuka pendaftaran Satu Indonesia Award 2024. Ada lima kriteria penilaian yang dipakai dewan juri. (foto Ubaidillah/Swa)

Astra secara resmi membuka pendaftaran 15 Tahun Satu Indonesia Award 2024. Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi Astra kepada anak muda di seluruh Indonesia yang memberi manfaat bagi masyarakat melalui lima bidang yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

“Satu Indonesia Awards adalah salah satu bentuk komitmen Astra untuk menjadi bermanfaat bagi bangsa dan negara. Hal tersebut juga sejalan dengan perjalanan 67 tahun Astra dalam mencapai cita-cita sejahtera bersama bangsa. Kami berharap dapat semakin banyak menjaring dan mengapresiasi anak muda inspiratif bangsa,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Senin (04/03/2024)

Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti mengungkapkan setidaknya ada lima kriteria penilaian yang digunakan dewan juri pada penyelenggaraan Satu Indonesia Award tahun ini. Siapapun bisa mendaftarkan diri maupun mendaftarkan temannya yang memiliki konsen di bidang-bidang tersebut.

Kriteria penilaian pertama, dewan juri akan melihat dari sisi motif, ini merupakan titik awal dari jenis kegiatan yang dimiliki, termasuk juga motivasi dan sasaran dari latar belakang kegiatan yang dilakukan. Kedua obstacles atau rintangan yang dihadapi oleh para peserta program. “Kami (dewan juri) ingin mengetahui dari obstacle yang dihadapi, solusi apa yang dilakukan,” ujarnya.

Penilaian ketiga adalah outcome atau hasil dari kegiatan atau program yang para peserta lakukan. Penilaian keempat adalah outreach atau dampak paparan, apakah meluas sampai berapa banyak, kepada siapa saja dalam kurun waktu yang ada. “Sebagai informasi program yang diajukan minimal sudah satu tahun berjalan,” ungkapnya.

Kriteria penilaian terakhir atau kelima adalah keberlanjutan. Dewan juri akan melihat aspek apakah program yang dilakukan para peserta bisa berjalan dalam waktu yang lama, apakah segala sesuatu sudah dipersiapkan dari sekarang. “Itu yang kami (dewan juri) lihat,” katanya.

Para penerima apresiasi Satu Indonesia Awards berhak mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra. Pendaftaran dibuka mulai 4 Maret 2024 hingga 4 Agustus 2024 melali website resmi Astra.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved