Technology

Gunakan Aplikasi Perpesanan, 3 UMKM Ini Punya Pelanggan sampai Luar Negeri

Gunakan Aplikasi Perpesanan, 3 UMKM Ini Punya Pelanggan sampai Luar Negeri
Henry dan Shinta Aviyani pemilk bisnis Imago Raw Honey. (foto dok WA)

Bagi sebagian besar UMKM di Indonesia, aplikasi perpesanan menjadi bagian dari kegiatan bisnis mereka baik sebagai situs web, sumber pendapatan, maupun cara mereka terhubung dengan pelanggan. Survei Kantar pada tahun 2023, hampir 87% dari masyarakat Indonesia menyatakan bahwa mereka lebih memilih mengirim pesan sebagai cara berkomunikasi dengan sebuah bisnis.

Dari survei tersebut juga terungkap, bahwa 75% masyarakat Indonesia lebih memilih berkomunikasi dengan sebuah bisnis melalui aplikasi perpesanan daripada email. Banyak di antara mereka memiliki preferensi untuk berinteraksi dengan bisnis seperti halnya mereka berkomunikasi dengan teman dan keluarga melalui aplikasi perpesanan.

Menjelang bulan Ramadan, yang merupakan periode sibuk bagi kebanyakan bisnis, tiga UMKM Indonesia berbagi pengalaman tentang bagaimana aplikasi perpesanan seperti WhatsApp Business membantu mereka terhubung dengan pelanggan, menemukan pelanggan baru, dan tetap terhubung dengan teman serta keluarga. Ketiga bisnis ini adalah Herbor.id, Medina Sportswear dan Imago Raw Honey.

Pendiri Herbor.id Upit Pitrianingsih menceritakan selama pandemi Covid-19, dirinya bekerja dari rumah untuk sebuah perusahaan multinasional. Selama periode tersebut dia melihat semakin banyak orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat serta mencari produk herbal berkualitas.

Melihat peluang itu, Upit terinspirasi untuk mendirikan sebuah usaha kuliner yang berfokus pada produk buah lokal yang dikeringkan dan campuran buah untuk menghasilkan infused water, Herbor.id. Upit mencatat, bahwa produknya menjadi lebih diminati selama bulan Ramadan karena praktis untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

“Herbor.ID mengandalkan WhatsApp untuk menjaga keteraturan bisnis dan mencari pelanggan baru. Kami menggunakan fitur profil, katalog, dan balas cepat di aplikasi perpesanan bisnis untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan pelanggan," kata Upit, Selasa (05/03/2024).

Fitur Katalog memungkinkan bisnis untuk mengkategorikan produk dalam aplikasi, sehingga tidak lagi memerlukan pencarian secara satu per satu. Herbor.ID juga menggunakan iklan yang mengarahkan ke aplikasi perpesanan untuk menjangkau pelanggan di Singapura dan membuka jalan baginya merambah pasar internasional.

Sementara itu, Nurbaiti Rakhmat sering mengalami kesulitan dalam menemukan pakaian renang muslim berkualitas. Oleh karena itu, pada tahun 2013, ia memutuskan untuk mendirikan Medina Sportswear. Brand ini memproduksi pakaian renang dan pakaian olahraga Muslim yang stylish.

“WhatsApp merupakan platform termudah dan paling efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan, terutama di bulan Ramadan. Aplikasi ini memudahkan kami dalam memperkenalkan produk baru, mengatur pesanan, hingga berkomunikasi dengan pemasok, pelanggan, dan pembeli. Kami juga menyukai fitur balas cepat karena memungkinkan kami untuk langsung menjawab pertanyaan yang sering muncul,” kata Nurbaiti.

Sama dengan keduanya, pasangan pengusaha Henry dan Shinta Aviyani memulai Imago Raw Honey dengan gagasan untuk memperkenalkan madu Indonesia sebagai souvenir hadiah perusahaan. Di tengah pandemi Covid-19 pada tahun 2020, mereka mengalihkan fokus bisnis Imago dari penjualan B2B menjadi ritel dengan mengedepankan produk andalan mereka, Imago Detox Honey.

Aplikasi perpesanan berperan penting dalam perjalanan bisnis, membantu menjalin hubungan dengan pelanggan, khususnya setelah keduanya menemukan bahwa pelanggan lebih suka berkomunikasi dengan mereka melalui chat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk mereka. Di bulan Ramadan tahun ini, mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk berbagi informasi mengenai produk hampers.

“Peran aplikasi perpesanan sangat vital dalam segala komunikasi kami, baik dalam lingkup pribadi maupun bisnis. Kami mengandalkan aplikasi untuk berkomunikasi dengan pelanggan kami di dalam dan luar negeri,” ujar Henry.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved