Capital Market & Investment

Grup Trisula Mengintegrasikan Supply Chain Topang Pertumbuhan Bisnis

Grup Trisula  Mengintegrasikan Supply Chain Topang Pertumbuhan Bisnis
Tekstil buatan GrupTrisula (Foto : Dok).

Grup Trisula yang dikendalikan oleh PT Trisula International Tbk (TRIS) pada tahun ini mengimplementasikan strategi bisnis yang bertumpu pada peningkatan kerjasama antar grup usaha, terutama dari segi material. Strategi ini akan memungkinkan peningkatan efisiensi sembari memperkaya jajaran produk yang ditawarkan. Dengan pendekatan ini, TRIS akan memiliki andil pada setiap tahap produksi, dari industri bahan baku hingga produk jadi. Trisula Group memang memiliki ekosistem terintegrasi melalui anak usaha mereka.

Pada produksi tekstil, PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) memproduksi kain berkualitas tinggi dengan merk yang sudah dikenal yaitu Bellini dan Caterina, kemudian di sisi produksi garmen ada PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing yang mampu mengerjakan pakaian atau seragam sesuai keinginan pelanggannya dan PT Trimas Sarana Garment Industry yang memproduksi garmen dan pakaian golf dengan spesifikasi tinggi sehingga pembeli bersedia membayar harga premium. “Dengan tekstil berkualitas tinggi yang diproduksi BELL, anak usaha TRIS baik dari PT Trisco maupun PT Trimas dapat memproduksi produk garmen dengan efisiensi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, dengan pendekatan ini kami mulai merambah ke arah vertical set up supplier,” jelas Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

TRIS mengambil langkah strategis ini karena dikenal menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi serta inovatif. Divisi penelitian dan pengembangan TRIS berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Selain itu, Trisula Group juga sudah memiliki distribution arm sehingga dapat terus mengikuti perkembangan permintaan pasar dengan keuntungan yang maksimal.

Strategi Trisula Group berlaku untuk pasar domestik maupun internasional. Di saat pasar dibanjiri pakaian impor dan produk murah, TRIS tetap fokus menghasilkan produk-produk dengan harga jual dan margin tinggi untuk membidik konsumen, terutama di pasar menengah atas yang terus mengikuti tren fesyen. TRIS juga bisa menerima pesanan kustomisasi (customized order) yang fleksibel. Meski pelanggan tidak memesan dalam partai besar, TRIS tetap mengedepankan layanan terbaik untuk memuaskan para pelanggannya.

TRIS di pasar domestik terus memperkuat penjualan ritelnya, melalui brand JOBB dan Jack Nicklaus yang dikelola anak usahanya, PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL). Perseroan pada 2023 telah melakukan penambahan gerai ritel sebanyak 13 unit atau 2 kali lebih banyak dari periode sama tahun 2022.

Perseroan juga mengembangkan bisnis manufaktur (kain & garmen) dengan target pasar bussines to bussines (B2B) di domestik l dan global, serta memperbesar bisnis ritelnya di bawah brand JOBB dan Jack Nicklaus. Kurang lebih 60% penjualan TRIS adalah untuk konsumsi pasar ekspor, dengan Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru sebagai negara tujuan ekspor terbesar di 80%, sementara sisanya diekspor ke Jepang, Inggris, Singapura dan negara lainnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved