Strategy

Permintaan Pasar Naik, Ninja Xpress Buka Gudang Baru di Banten

Permintaan Pasar Naik, Ninja Xpress Buka Gudang Baru di Banten
Tren pasar di Banten naik, Ninja Xpress buka gudang baru di bilangan Kosambi, Tangerang, Banten. (dok Ninja Xpress)

Perusahaan jasa pengiriman Ninja Xpress secara resmi menghadirkan warehouse atau gudang baru di wilayah Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten. Gudang Kosambi ini berdiri di atas lahan 12.000 meter persegi merupakan warehouse kedua terbesar milik Ninja Xpress setelah Warehouse Logos yang resmi beroperasi sejak tahun 2021.

Pembukaan gudang baru ini untuk memperlancar arus pengiriman barang via jalur darat dari dan ke wilayah Sumatera dan juga area-area di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Selain itu juga langkah strategis perusahaan untuk menjawab tren peningkatan permintaan pasar untuk pengiriman dari dan ke daerah Banten, khususnya untuk kategori barang yang didominasi gaya busana (fashion) dan kosmetik.

Data internal perusahaan menunjukkan, selama hari belanja online 2023, provinsi Banten termasuk ke dalam provinsi ketiga terbesar dalam origin dan destinasi paket pengiriman. Warehouse Kosambi sendiri merupakan penggabungan dari beberapa mini-hub yang tersebar di area Banten dengan mempekerjakan hampir 200 karyawan. Sedangkan setelah beroperasi, gudang memiliki sekitar 600 pekerja, 3 kali lipat dari jumlah pekerja yang semula tersebar di beberapa mini-hub area Banten.

“Kami menilai ini merupakan langkah yang strategis, melihat tren jalur pengiriman dan permintaan pasar yang cukup konsisten di area Banten. Penggabungan mini-hub Ninja Xpress ini juga akan disertai dengan pengembangan sistem dan inovasi layanan yang lebih terintegrasi, agar memudahkan para pengguna Ninja Xpress. Untuk ini, kami juga telah melaksanakan penambahan tenaga kerja guna mengoptimalkan operasional dan proses warehouse, di mana sebagian besar pekerja merupakan penduduk di sekitar kawasan warehouse di Banten,” kata VP of Sort Ninja Xpress Jimmy Haposan, Selasa (5/3/2024).

Jimmy mengungkapkan, selain memprioritaskan pekerja yang berada di sekitar kawasan gudang, perusahaan juga mendukung inklusivitas, termasuk kesetaraan gender dalam kesempatan bekerja. Dengan kapasitas operasional yang meningkat, Warehouse Kosambi mengoperasikan sekitar 40 mesin Dimension Weight and Scanning (DWS) untuk memastikan berat paket sesuai dan tepat, di mana penanggung jawab dan pengoperasian mesin tersebut mayoritas dilaksanakan oleh pekerja perempuan.

Penanggung Jawab Operasional Mesin DWS Warehouse Kosambi Lola Berliana Susanti menjelaskan bahwa pekerjaan hariannya umumnya membutuhkan fokus dan konsistensi secara terperinci dan detail. Dirinya bangga dapat menjadi bagian dari Ninja Xpress. “Semoga dengan pembukaan Warehouse Kosambi, arus pengiriman dapat berjalan lebih cepat, efektif, dan terintegrasi,” ujarnya.

Regional Sort Manager untuk wilayah Indonesia Barat, Azzahra Sweta menyampaikan bahwa berkoordinasi dengan banyak pihak untuk mengatur dan mengambil keputusan berbagai macam tanggung jawab pada waktu yang bersamaan menjadi hal yang biasa. Tantangan yang dia dapati ketika menjalankan tanggung jawab ini adalah mengenai cara pandang yang berbeda dalam bekerja, kemudian bahasa.

“Untuk menyatukan berbagai macam sudut pandang, saya menjembatani tiap pihak dari berbagai warehouse untuk berdiskusi dengan menyelenggarakan pertemuan secara daring dan berkala. Hal ini dilakukan agar masing-masing pihak dapat saling bertukar pengalaman dan memberikan masukan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi tiap warehouse dan meningkatkan efektivitas dalam bekerja,” ungkapnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved