Technology

Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Efektif Melalui Unifikasi Data

Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Efektif Melalui Unifikasi Data

Peran unifikasi data bagi pemerintah menjadi salah satu topik utama dalam diskusi internal bulanan yang dilaksanakan oleh Volantis Technology. CEO Volantis Technology Bachtiar Rifai memberikan pandangan mengenai pentingnya unifikasi data bagi sistem birokrasi pemerintah, yang dianggap akan menguntungkan baik masyarakat maupun birokrat.

Unifikasi data merupakan proses menggabungkan data dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal, menjadi satu kesatuan yang terintegrasi. Ibarat menyatukan potongan-potongan puzzle, unifikasi data menghasilkan gambaran utuh yang lebih informatif dan bermanfaat untuk analisis.

Menurut Bachtiar, unifikasi data akan membantu masyarakat dalam memprediksi dan mengidentifikasi isu-isu terkini yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Hal ini juga dapat membuat pemerintah lebih responsif dan proaktif dalam mengatasi masalah.

"Misalnya, menganalisis data cuaca dan pola bencana historis dapat membantu memprediksi kemungkinan bencana alam dan memungkinkan tindakan proaktif seperti rencana evakuasi, penyiapan pangan, dan mobilisasi sumber daya. Demikian pula, menganalisis data kesehatan masyarakat dapat membantu mengidentifikasi potensi wabah dan menginformasikan tindakan pencegahan," jelas Bachtiar (06/03/2024).

Peran proaktif pemerintah akan lebih terlihat jika unifikasi data benar-benar diimplementasikan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada para birokrat. Sehingga menurut Bachtiar, jika ada kenaikan gaji birokrat, masyarakat pun akan dapat menerimanya karena sebanding dengan layanan yang telah diberikan melalui unifikasi data.

"Misalnya, platform data terbuka yang didukung oleh unifikasi data dapat menyediakan informasi real-time kepada warga negara tentang proyek infrastruktur, alokasi anggaran, dan kinerja pemerintah. Transparansi ini dapat meningkatkan kepercayaan dan mendorong partisipasi warga negara dalam proses pembuatan kebijakan. Jadi, persepsi menjadi positif, bukan? Jika ada kenaikan gaji, masyarakat akan lebih memahami karena persepsi mereka terhadap kinerja birokrasi telah diperbaiki terlebih dahulu," sambung Bachtiar terkait dampak positif unifikasi data terhadap kinerja birokrat.

"Jadi, jika gaji PNS yang baik-baik terus naik setiap tahun, hal itu dapat dihitung secara transparan dan masyarakat juga akan menerima karena persepsi mereka terhadap kinerja birokrasi telah diperbaiki," tambah Bachtiar.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved