Management

Bukit Asam Dukung Pertanian Berkelanjutan Lewat PLTS Irigasi

Bukit Asam Dukung Pertanian Berkelanjutan Lewat PLTS Irigasi

Bertepatan dengan hari jadi PT Bukit Asam (PTBA) yang ke-43, anggota grup Mind ID, membangun irigasi sawah yang dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Muara Enim, Sumatera Selatan. Pembangunan tersebut dilakukan untuk memacu pemanfaatan potensi energi terbarukan bebas emisi.

BUMN holding industri pertambangan Mind ID konsisten menghadirkan energi ramah lingkungan. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah membangun infrastruktur dengan menerapkan energi baru terbarukan (EBT) untuk meningkatkan perekonomian daerah yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat.

“Melalui PTBA, Mind ID menghadirkan beberapa fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk mendukung kebutuhan pembangunan infrastruktur pertanian,” kata Sekretaris Perusahaan Mind ID Heri Yusuf dalam siaran pers (05/03/2024).

Adapun PLTS irigasi yang dibangun PT Bukit Asam berada di Desa Muara Lawai, Muara Enim, Sumatera Selatan. Dibangun sejak September 2023 dan selesai pada Januari 2024, PLTS Muara Lawai memiliki kapasitas daya 57,5 kWp untuk mengairi 119 hektare sawah.

Selain itu, keberadaan irigasi ini mengakomodasi kebutuhan air untuk 268 petani dalam bercocok tanam. Adapun proses irigasi dimulai dari dari 2 mesin pompa air 22 KW, kemudian disalurkan melalui pipa sepanjang 1,2 km dengan debit pengaliran 241 m3/jam.

Direktur Sumber Daya Manusia PT Bukit Asam Tbk Suherman menyatakan bahwa pihaknya merupakan perusahaan energi yang berperan aktif dalam meningkatkan pemanfaatan EBT. Ini merupakan PLTS ke-7 yang sudah dibangun oleh PTBA untuk para petani di wilayah operasional sekitar perusahaan.

Sebelumnya, sudah ada satu PLTS di Kabupaten Lahat, dua di Kabupaten Lampung, satu di Kabupaten Sawahlunto, dan yang terbaru ini yang ketiga di Kabupaten Muara Enim.

“Inilah prinsip berkelanjutan, di mana nantinya kelompok petani di Muara Lawai tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan air saat musim kemarau. Dengan adanya PLTS ini, kita cukup mengandalkan sinar matahari. Kami juga berharap PLTS yang sudah maupun yang akan kami bangun mampu mencakup lebih banyak area persawahan lainnya,” ujarnya.

PLTS irigasi merupakan wujud komitmen grup MIND ID Bukit Asam dalam mendukung pertanian yang berkelanjutan. “Masyarakat bisa menikmati manfaat PLTS dalam operasional irigasi tanaman, mengatasi tantangan yang sering dihadapi oleh petani, terutama pada wilayah dengan sumber daya air yang terbatas”, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Muara Lawai Edi Wanseri mewakili masyarakat desa, mengungkapkan rasa terima kasih atas hadiah dari PTBA yang sedang berulang tahun ke-43 ini. “Petani sawah kita memang memerlukan sekali aliran irigasi. Jadi, pada ulang tahun PTBA ini justru kami yang mendapat hadiah dan menerima manfaat. Kami senantiasa doakan agar PTBA sukses selalu,” kata Edi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved