Management

Tata Kelola Perusahaan BRI Insurance Diapresiasi Indonesia Excellence GCG Awards 2024

Tata Kelola Perusahaan BRI Insurance Diapresiasi Indonesia Excellence GCG Awards 2024

Keberhasilan BRI Insurance (BRINS) dalam melakukan tata kelola perusahaan dengan baik dan mampu berkontribusi dalam menunjang perekonomian Indonesia, diganjar Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Strategy Implementation to Increase Performance Growth, (Category: General Insurance) di ajang Indonesia Excellence Good Corporate Governance (GCG) Awards 2024, Jakarta.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Heri Supriyadi selaku Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRI Insurance. “Apresiasi ini tidak luput dari hasil kinerja terbaik seluruh pekerja BRI Insurance yang selalu menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam pekerjaan. Penghargaan ini menjadi booster bagi BRI Insurance untuk memberikan kinerja terbaik supaya menjadi perusahaan yang dapat diandalkan dan dipercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia” ujar Heri dalam keterangan resmi (05/03/2024).

Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan yang memberikan penghargaan itu mengatakan bahwa keberhasilan perusahaan dalam menerapkan GCG akan memengaruhi tingkat kinerja perusahaan terlebih dalam manajemen keuangan/manajemen laba yang sehat dan berkelanjutan.

“Manajemen laba dapat memengaruhi hubungan antara GCG dan kinerja perusahaan. GCG telah berkontribusi besar dalam mengurangi kemungkinan pemaksimalan laba dengan cara yang tidak baik. Prinsip-prinsip GCG senantiasa saling melengkapi dalam menjalankan bisnis yang sukses, bertanggungjawab dan keberlanjutan. Kombinasi tersebut memastikan perusahaan berkembang,”jelasnya.

BRI Insurance juga melakukan berbagai upaya untuk menjaga nilai GCG seperti melaksanakan kebijakan dan praktek Tata Kelola Perusahaan yang baik untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Menerapkan prinsip transparansi dengan menjamin informasi yang relevan mengenai BRINS yang disampaikan secara jelas, akurat, memadai dan mudah diakses oleh para pemangku kepentingan melalui berbagai kanal secara online dan BRI Insurance juga telah memiliki sertifikasi yang menjadi salah satu modal dan pedoman dalam menjalani prinsip GCG yaitu ISO 22301:2019 Business Contuinity Management System.

Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi Prof. Dr. Mardiasmo dalam keynote speech mengatakan jika governansi korporat dalam perkembangannya telah mengalami evolusi. Menurutnya, dalam studi menunjukkan bahwa penerapan governansi korporat tidak bisa berdiri sendiri. Diperlukan adanya bauran aspek lain, yaitu lingkungan (environment) dan sosial. “Saat ini juga berkembang konsep dan praktik sustainable governance. Sustainable Governance adalah prinsip panduan yang menempatkan penekanan pada mengintegrasikan praktik yang bertanggung jawab, moral, dan jangka panjang dalam pengambilan keputusan organisasi dan administrasi umum. Faktor-faktor lingkungan, sosial, dan governansi (ESG) ditambahkan ke dalam governansi perusahaan standar untuk memastikan bahwa organisasi beroperasi dengan cara yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga menguntungkan bagi masyarakat dan lingkungan,” ungkap MardiasmoBudi Legowo, Direktur Utama BRI Insurance juga menyampaikan bahwa BRI Insurance selalu menjaga nilai GCG dengan praktik bisnis yang sehat dan berkelanjutan dapat memberikan manfaat kepada seluruh stakeholders. Selain itu, sebagai penyeimbang bisnis dengan prinsip GCG juga memiliki komitmen dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility yang dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan sebagai bentuk penerapan GCG sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved