Management

SWA Beri Penghargaan untuk Perusahaan dengan Penerapan HSE Terbaik Tahun 2024

SWA Beri Penghargaan untuk Perusahaan dengan Penerapan HSE Terbaik Tahun 2024
Para Pemenang Indonesia Best Companies 2024 in HSE implementation (Foto: SWA)

SWA Media bersama dengan SPOT Corporate Communication menghadirkan Conference and Awarding Indonesia Best Companies 2024 in HSE implementation. Penghargaan ini untuk mengapresiasi perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan Kesehatan Keselamatan Kerjadan Lingkungan di tempat kerjanya (K3L).

Selain acara penerimaan pengharagan, terdapat pula talkshow yang diisi oleh para narasumber yang membagikan best practice dalam menerapkan manajemen K3L di perusahaan masing-masing. Adapun narasumber yang hadir meliputi RM Boedi Santoso, GM Java Division PT TrakindoUtama, Florentinus Rahmat Basuki, Head of Safety Danone Indonesia, Edi Purnomo, Management System Division HeadPT Tower Bersama Infrastructure Tbk, Venpri Sagara, GMUnit Pertambangan Tanjung Enim PT Bukit Asam Tbk.

Kemal E. Gani Group Chief Editor SWA Media berharap konferensi dan penghargaan ini bisa memberikan inspirasi dan menjadi bahan pembelajaran bagi perusahaan dalam menjalankan manajemen K3L di perusahaan. Hasil dariprogram ini akan ditampilkan sebagai cover story di MajalahSWA agar nantinya bisa dibaca dan dipelajari oleh masyarakat, khususnya praktisi di dunia usaha.

Dalam paparannya, Kemal menjelaskan, ada delapan poin penting dalam penerapan manajemen K3L yakni pertama budaya keselamatan. “Peralatan menjadi penting, namun yang lebih penting adalah budaya keselamatannya. Meskipun peralatan lengkap dan training berkali-kali tapi kalo budaya keselamatan itu belum terbangun, kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi,” kata dia dalam acara conference and awarding dengan tema Beyond HSE Implementation: Nurturing Innovation Towards Operational Excellence (04/03/2024).

Kedua, komitmen leader dan BOD. Ketiga, kesejahteraan mental karyawan. Diikuti oleh sustainability, adaptasi terhadap perubahan dan regulasi, pelatihan dan pengembangan karyawan, kemitraan dan kolaborasi, dan terakhir Teknologi dan IoT.

RM Boedi Santoso, GM Java Division PT Trakindo Utama memaparkan bahwa budaya K3L harus dibangun bersama pemangku kepentingan dan manajemen, karena K3L tidak bisa dibentuk secara individu. “Perlu adanya kolaborasi yang diciptakan untuk melibatkan seluruh individu di perusahaan. Dimana kami juga memiliki agent of change untuk menerapkan K3L dengan baik” kata dia.

Sementara itu, Edi Purnomo, Management System Division Head PT Tower Bersama Infrastructure Tbk memaparkan di perusahaannya terdapat leadership training untuk memberikan pelatihan agar leader memahami HSE, memonitoring penerapan K3, memberikn simpati pada saat HSE berlangsung, serta memberikan insight melalui leadership talk yang akan diisi dari pemimpin terkecil hingga tertinggi. “Di awal tahun, kami sudah menjadwalkan para leader ini untuk memberikan insight kepada karyawan terkait dengan pengimplementasian HSE,” ujarnya.

Florentinus Rahmat Basuki, Head of Safety Danone Indonesia menjelaskan bahwa Danone memiliki roadmap karena pihaknya tidak bisa mengnangani isu secara menyeluruh dalam waktu singkat, sehingga penentuan fokus wajib dilakukan. “Kita memiliki road map strategic untuk mencapai kondisi culture dan compliance yang kita ingin capai,” jelas dia.

Venpri Sagara, GM Unit Pertambangan Tanjung Enim PT Bukit Asam Tbk, mengatakan dari segi teknologi, pihaknya menghadirkan aplikasi CISEA yaitu Corporate Information System and Enterprise Application berbasis Web untuk mendukung proses bisnis setiap satuan kerja, tidak terkecualidi K3.

“Di dalamnya terdiri dari fitur safety, SHE News, dan mine permit. Sementara yang berbasis android, kami memiliki Agent SHE Pocket App untuk memudahkan para agent SHE melakukan tugas dan tanggung jawabnya seperti melakukan inspeksi, safety talk, dan hazard report,” kata ujar Venpri.

Berikut pemenang Indonesia Best Companies 2024 in HSE implementation PT Trakindo Utama, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Nusantara Medika Utama, Sarihusada Generasi Mahardhika PrambananFactory, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, PT Nusantara Sebelas Medika (Nusamed Healthcare), PT Jakarta Propertindo (Perseroda), PT Nusantara Regas.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved