Property

Sekupang dan Batam Jadi Kota Incaran Investor Asing, Apa Daya Pikatnya?

Sekupang dan Batam Jadi Kota Incaran Investor Asing, Apa Daya Pikatnya?

Sejumlah negara besar terus melihat Batam sebagai destinasi investasi yang menjanjikan. Di paruh pertama tahun 2023, Singapura mencatatkan nilai Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar USD225,4 juta dari 901 projek. Sementara itu, Perancis dan Hong Kong masing-masing mencatatkan PMA sebesar USD34,37 juta dan US$ 34,21 juta.

Samuel Jason, Managing Director dari projek residensial Serenity Central City yang berlokasi di Sekupang, Kota Batam, menyebut bahwa Batam, Singapura, dan Malaysia yang terletak berdekatan membentuk golden triangle atau segitiga emas.

Posisi Batam sendiri menjadi point hub sehingga memiliki high investment value. Potensi Batam yang kian menonjol praktis membuat segelintir kawasan yang ada di kota ini ikut terkerek perkembangan dan nilainya. “Terutama kawasan Sekupang yang semakin hari semakin menunjukkan daya pikat bagi investor asing dan lokal. Tak hanya punya pesona kekayaan alam yang masih terjaga, Sekupang juga sangat menjanjikan sebagai sasaran investasi khususnya di sektor properti,” papar Jason di Jakarta (08/03/2024).

Saat ini, Sekupang tengah dikembangkan menjadi kawasan destinasi wisata selanjutnya di Batam. Peluang ini diprediksi membuat harga tanah di kawasan akan terus mengalami peningkatan per tahunnya. Maka tak heran, projek resort city development yang dikembangkan Central Group yakni Serenity Central City ikut diincar banyak investor dari negara luar. “Selain Singapura dan Malaysia yang jadi investor tetap, banyak juga dari Korea, Jepang, sampai Qatar dan UAE,” imbuh Jason.

Serenity Central City dalam perjalanannya menjadi kawasan residensial turut dikembangkan dalam konsep menyatukan harmoni antara bisnis, gaya hidup, dan leisure. Mengenai lokasi pun menjanjikan lantaran bakal dilintasi rencana jalur Light Rail Transit (LRT). Dimana Stasiun LRT Sekupang hanya selangkah, dan berjarak dekat dengan rencana LRT fase dua rute Batu Ampar - Sekupang.

Tak hanya itu pengembangan Serenity Central City juga dilakukan searah dengan Environmental, Social, and Governance atau ESG. Secara harfiah, ESG merupakan konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi maupun bisnis yang berkelanjutan dengan tiga kriteria tersebut yaitu lingkungan, sosial, serta tata kelola.

Bagi yang mengincar properti sebagai ladang investasi, maka produk Serenity Central City yang kini tengah dipasarkan yakni Beachside bisa dilirik sebagai aset sewaan. Mengingat nilai kapitalnya dalam beberapa tahun mendatang akan semakin besar.

“Kami membuka Beachside karena melihat market-nya semakin bagus. Total ada 218 unit yang bakal kami bangun. Lalu karena ini lokasinya benar-benar di bibir pantai, maka kami desain unitnya bergaya minimalis tropis dengan harga Rp4 sampai Rp10 miliar,” Jason menjelaskan.

Demi memperkenalkan Beachside lebih dekat dengan konsumen di seputar Jabodetabek, Serenity Central City hadir di BCA Expoversary 2024 yang digelar pada 29 Februari hingga 3 Maret di ICE BSD, Tangerang. Dalam pameran ini, calon konsumen ditawarkan promo spesial berupa suku bunga 2,67% lengkap dengan pengalaman private trip ke Batam dan Singapura selama 2 hari 1 malam.

“Dari 600 pengembang yang kerja sama dengan BCA, kami terpilih untuk kembali ikut serta di pameran ini. Jadi ini keempat kalinya kami berpartisipasi, dari sekian banyaknya pengembang nasional yang ada,” ujarnya.

Terkait kemudahan akses, jarak antara Serenity Central City dengan Bandara Internasional Hang Nadim bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara. Jika ingin ke Kota Batam, perlu waktu 20 menit dan hanya 15 menit menuju Nagoya Batam.

Serenity Central City menawarkan nuansa hunian yang tidak biasa dengan akses pemandangan tanpa batas ke laut, pantai, dan Marina Bay Sands Singapura langsung dari atas perbukitan. Hal ini diyakini akan membuat penghuni lekat dengan suasana hidup di vila dan resor setiap harinya.

Dalam projek Serenity Central City, selain Beachside, terdapat pula lahan pengembangan lainnya meliputi Hillside, Valleyside, Valleycove, dan lahan lainnya. Setiap lahan pengembangan memiliki karakteristiknya masing-masing. Spesial untuk proyek Hillside, cluster ini dilengkapi dengan infinity pool sepanjang 184 meter Marina Bay Sands Singapura.

Fasilitas tersebut berada tepat di puncak tertinggi kawasan dan menjadi nilai jual menguntungkan jika suatu saat unit hunian yang telah dibeli akan disewakan kembali. Ada juga panoramic sky deck yang siap memberikan pengalaman menikmati senja berlabuh alias sunset dari ketinggian paling maksimal di Batam.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved