Strategy

Intip Strategi Prioritas Permata Bank Tahun 2024

Intip Strategi Prioritas Permata Bank Tahun 2024
Dalam mewujudkan tujuan perseroan, Permata Bank memiliki sejumlah rencana strategis. (Foto Ubaidillah/Swa)

Menutup tahun 2023, PT Bank Permata Tbk (BNLI) kembali melanjutkan pencapaian kinerja yang konsisten dengan membukukan laba bersih Rp2,6 triliun atau tumbuh 28,4% YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan usaha bank tumbuh sebesar 9,3% YoY menjadi Rp12,1 triliun.

Direktur Keuangan Permata Bank Rudy Basyir Ahmad menjelaskan, pendapatan usaha perseroan terutama dikontribusi oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 9,6% sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit pada tahun 2023. Pendapatan operasional sebelum Provisi (PPOP) meningkat menjadi Rp5,9 triliun atau tumbuh sebesar 18,6% YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Penyaluran kredit kepada masyarakat pada tahun 2023 tumbuh sebesar 4,3% YoY menjadi Rp142,2 triliun, didorong oleh pertumbuhan penyaluran kredit kepada Korporasi sebesar 6,1% YoY. Tahun 2024 kami menargetkan pertumbuhan kredit pada kisaran 7 sampai 9%,” katanya dalam public expose kinerja perseroan (07/03/2024).

Chief Economist Permata Bank Josua Pardede menjelaskan perseroan akan mengedepankan inovasi untuk pelayanan lebih baik dan komitmen untuk ekonomi berkelanjutan. Dalam upaya mewujudkan ini, perseroan akan mengedepankan tiga strategi prioritas yakni menciptakan leading deposit dan wealth franchise, menjadi mitra kerja ekosistem pilihan bagi pemain bisnis dan teknologi, serta menjadi yang terdepan dalam hal kepuasan pelanggan di industri perbankan.

“Kami juga akan memfokuskan kepada produk dan layanan yang universal, baik dari sisi consumer & small medium enterprise (SME) banking, maupun commercial & corporate banking. Selama 2023, telah diluncurkan juga produk-produk yang mengedepankan consumer-centricity seperti PermataPoin, Permata Kredit Kendaraan Bermotor (PermataKKB), dan Permata Private Banking,” ujarnya.

Selain itu, perseroan berkomitmen mengakselerasi transformasi digital melalui modernisasi dalam pengalaman perbankan untuk semua generasi. Berbagai pencapaian dalam bisnis dan sinergi melalui keunggulan produk cross-border, trade finance, dan layanan digital banking untuk segmen UMKM dan korporasi.

“Komitmen terhadap keberlanjutan dalam proses bisnis dijalankan melalui perencanaan strategis dan kerangka kerja dalam mendukung kegiatan proyek ekonomi berkelanjutan jangka panjang. Kinerja sustainability yang saat ini sedang dijalankan adalah pembiayaan dan penempatan berkelanjutan, renewable energy, climate change, green building, sustainable water and waste management, eco-friendly transportation,” ungkapnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved