MMA Global Indonesia Bagikan Panduan Sukses Kampanye Ramadan 2024
Acara tahunan MMA Global 2024,yang diselenggarakan di Jakarta dikuti lebih dari 200 delegasi telah menyatukan para pemimpin industri, pemasar, dan inovator untuk menjelajahi tren dan tantangan terkini dalam adopsi Artificial Intelligence (AI), kesiapan Gen AI, ketersediaan sumber daya, dan penilaian risiko dalam pemasaran.
Forum ini menyediakan platform untuk diskusi yang mendalam, presentasi yang memprovokasi pemikiran, dan peluang kolaboratif jaringan. Acara dibuka dengan sambutan dari Shanti Tolani, Country Head & Board of Director Indonesia untuk MMA Global Indonesia, diikuti oleh Catherine Hindra Sutjahyo selaku anggota Board of Director MMA Global Indonesia, memberikan wawasan berharga tentang lanskap pemasaran di Indonesia.
Catherine menyoroti peran penting analitika data dan kemampuan AI untuk menganalisis perilaku pengguna, memprediksi kebutuhan, dan menyesuaikan pilihan untuk pengalaman yang lebih lancar dan personal. Dia juga menambahkan pentingnya komitmen organisasi dalam membangun merek, memelihara hubungan yang langgeng tidak hanya dengan konsumen tetapi juga meliputi semua pemangku kepentingan, komunitas, dan ekosistem yang terhubung dengan bisnis.
Shanti menyatakan, saat kita menyaksikan puncak dari tahun-tahun kemajuan, kebangkitan AI tak terbantahkan sebagai kekuatan dominan dalam industri kita yang mendorong para pemimpin untuk merangkul gelombang transformatif ini. Dengan proyeksi mencapai US$350 juta pada tahun 2024 dan pertumbuhan tahunan sebesar 25%, sesi yang disusun dengan cermat menggali hubungan simbiotik antara AI dan marketing. “Selain itu, pertumbuhan tahunan Indonesia yang mencolok sebesar 4,38% dalam Jaringan Retail Media menambah dimensi dinamis pada evolusi industri kita,” ucapnya.
Sepanjang hari, delegasi disuguhkan dengan serangkaian sesi yang beragam, termasuk keynote presentations, panel discussions, dan interactive workshops.
Beberapa highlights dari forum ini antara lain menyebutkan peran sentral konten dalam menyusun brand stories yang berdampak, menganjurkan agar brand memanfaatkan konten video. Dengan mencolok, statistik menunjukkan bahwa 65% customer menghabiskan lebih banyak waktu terlibat dengan konten video selama Ramadan atau Idul Fitri.
Salah satu diskusi panel menyoroti dampak substansial dari organisasi yang menerapkan iklan kontekstual, membedakan antara penargetan standar dan kemampuan yang ditingkatkan yang diberikan oleh kecerdasan konteks berbasis AI dan kreativitas yang dinamis
.
Hasil survei MMA, didukung oleh Kantar juga mengungkapkan perspektif optimistis kalangan pemasar, dengan 62% responden menyatakan kepositifan terhadap Generative AI. Selain itu, 56% responden mengakui efektivitas prediksi AI dalam menguji kreativitas di luar pengukuran konvensional. Survei juga menyoroti keyakinan 52% responden bahwa AI akan meningkatkan kemampuan pemasaran tanpa menggantikan kreativitas dan keahlian manusia. Sejalan dengan ini, 34% responden Indonesia mengantisipasi revolusi AI dalam praktik pemasaran, membuka pintu bagi peluang baru.
Diskusi panel menarik lainnya menyoroti contoh kasus riil pada nilai pengalaman pelanggan, mengungkapkan statistik yang mencolok seperti penurunan 50% dalam biaya akuisisi, bersama dengan tingkat baca dua kali lebih tinggi dan keterlibatan 2,3 kali lebih tinggi.
Sesi yang berwawasan menyediakan perspektif komprehensif tentang memanfaatkan potensi AI untuk meningkatkan kegiatan kita dan mengamankan posisi pasar terdepan. Kami juga menampilkan beberapa kampanye pemenang Smarties Awards 2023, menunjukkan keefektifan mereka dalam meningkatkan interaksi.
“Dengan bangkitnya teknologi AI, kami mengantisipasi lonjakan pengajuan di ranah ini. Membangun pada kisah sukses yang telah kita saksikan, terlambat merangkul tren transformatif sekarang berarti melewatkan peluang penting untuk kesuksesan di pasar yang akan selalu berkembang. Ini adalah peluang yang tidak boleh kita lewatkan," ungkap Rohit Dadwal, Chief Executive Officer of MMA Global Asia Pacific and Global Head of Smarties Worldwide
Ramadan 2024 MMA Global di Jakarta memberikan delegasi wawasan berharga, strategi praktis, dan peluang jaringan untuk menavigasi perkembangan lanskap AI dalam pemasaran, Jaringan Retail Media, Brand Storytelling, Consumer Behaviours, dan banyak topik penting lainnya. Sebagai otoritas industri, MMA Global Indonesia mengakui peran sentralnya dalam membentuk jalur marketing dan advertising serta tetap teguh dalam komitmennya untuk mendorong inovasi, menyediakan wawasan terdepan dalam industri, memfasilitasi kolaborasi, dan memberikan nilai bagi industri.
Swa.co.id