CSR Corner

24 Perempuan Lulusan Program Perempuan Inovasi 2023 Ciptakan Aplikasi Untuk Perempuan

24 Perempuan Lulusan Program Perempuan Inovasi 2023 Ciptakan Aplikasi Untuk Perempuan

Program Perempuan Inovasi 2023 kini telah mencapai puncaknya. Para peserta yang telah menjadi finalis program berkesempatan untuk mempresentasikan inovasi yang telah mereka ciptakan pada saat sesi ‘Demo Day’ sebagai salah satu rangkaian acara Graduation Day Perempuan Inovasi 2023. Finalis yang terpilih sebagai juara 1 Program Perempuan Inovasi 2023 akan berkesempatan meraih hadiah dan kesempatan lapangan pekerjaan yang lebih baik dan layak.

Amanda Simanjuntak, Pendiri & CEO Markoding mengungkapkan, melalui perayaan Graduation Day ini, menjadi bukti nyata bagaimana Markoding berkomitmen dan berkontribusi pada inovasi teknologi di Indonesia. “Kami percaya para siswa berprestasi ini akan mendapat kehidupan yang lebih baik, peluang yang lebih banyak, pendapatan yang lebih layak, yang nantinya juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi juga,” tuturnya di Jakarta (08/03/2024).

Program ini dimulai dari tahap registrasi yang telah dikurasi dari 37 provinsi di Indonesia dengan angka 16.596 perempuan mendapatkan dan mengikuti Preliminary Round Basic Course yaitu webinar pelatihan basic web development dan UI/UX design. Di Final Round, 36 peserta yang terpilih mendapatkan beasiswa Tech Bootcamp dimana program pelatihannya difokuskan pada full stack web development dan full web UI/UX design.

Dari sana, siswa akan memulai perjalanan karir awal mereka dengan program internship, freelance, dan kesempatan kerja lain ataupun sebagai entrepreneur. Dan mengakhiri journey mereka dari awal, para top students mendapatkan privilege untuk menampilkan projek digital prototypes mereka di Demo Day dan merayakannya dengan selebrasi kelulusan dalam ‘Graduation Day Perempuan Inovasi.’

Sebelum perayaan, dua sosok Perempuan Inovasi telah lebih dulu mendapat pekerjaan dalam dua kategori pelatihan seperti Diah Purnama Sari dari Track Web Development pada bidang Cyber Security dan Novita Lia Nurliam Sari dari Track UI/UX design sebagai freelancer menjadi UI/UX Designer bagi beberapa perusahaan sebelum menyelesaikan studinya di Bootcamp Perempuan Inovasi 2023 ini.

Melengkapi kebahagiaan di momen Graduation Day 2024, Perempuan Inovasi juga mengumumkan siswa terbaik yang mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi setelah mengikuti program belajar bersama Perempuan Inovasi. Kategori pengumuman awarding ini dibagi menjadi dua kategori yaitu WebDev dan UI/UX Design degan tiga pemenang; juara 1, juara 2, dan juara 3.

Adapun kelompok dari WebDev Track yang tampil untuk mempresentasikan inovasi mereka sebagai berikut:

· Kelompok Rohana Kuddus - Skilled Women: website yang mempermudah akses perempuan ke pembelajaran yang tepat untuk memulai kesuksesan karir, melalui tahapan skill dasar sebuah pekerjaan dan disertai rekomendasi kelas online terkait.

· Kelompok Dewi Sartika - SheTalk: platform untuk memberikan support atau wadah diskusi dimana para perempuan bisa berbagi pengalaman, pertanyaan, dan pengetahuan mereka seputar kesehatan seksual dan reproduksi.

· Kelompok Rangkayo Rasuna Said - Equip Parenting: Aplikasi mobile untuk improve pemahaman kesetaraan gender dalam pola asuh.

Dari UI/UX Design Track, kelompok yang tampil untuk mempresentasikan inovasi mereka adalah:

· Kelompok R.A. Kartini - Terang: aplikasi yang diciptakan eksklusif tidak hanya untuk menjembatani wanita ke lapangan kerja, tetapi juga menyediakan career-support kapanpun dibutuhkan guna mendukung perkembangan karir, memaksimalkan daya saing, menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, meningkatkan jumlah angkatan kerja wanita, dan memastikan bahwa hak tiap perempuan di lapangan kerja terpenuhi.

· Kelompok Cut Nyak Dien - SERA (Sexual Reproduction Assistance): Aplikasi mobile yang menyediakan informasi dan penyelesaian masalah kesehatan seksual dan reproduksi berupa AI dengan mudah, menyenangkan, dan bermanfaat.

· Kelompok Maria Ulfa Santoso - She Grows: Platform digital berbasis mobile web untuk memberdayakan ekonomi perempuan terutama ibu rumah tangga, dengan menyediakan informasi peluang kerja remote dan pelatihan persiapan memasuki dunia kerja.

Dari kenema kelompok tersebut, dalam kategori WebDev, kelompok Rangkayo Rasuna Said - Equip Parenting: Diah Purnama Sari, Diandra Regita Abigail Damanik, Hamiyawati Qoimatu Dini Alfaruqi, dan Nazilah keluar menjadi juara 1. Sementara dalam kategori UI/UX Design, kelompok Maria Ulfa Santoso - She Grows menduduki posisi juara 1 dengan anggota: Novita Lia Nurliam Sari, Margaretha Hernawati, dan Salsabila Bazaluna Febriadini.

“It’s an honour for me bisa mendampingi para perempuan berprestasi. Bagi saya Graduation Day ini menjadi momentum bangga tidak hanya bagi Perempuan Inovasi terlebih juga bagi para siswa. Kami ingin lebih meningkatkan kontribusi dan juga mendorong perempuan Indonesia untuk terus improve dan berinovasi tidak hanya di bidang teknologi digital tapi juga hal lain. Kami berupaya untuk terus menjadi wadah untuk menciptakan generasi gilang gemilang dan menciptakan generasi pemimpin secara khusus perempuan,” ungkap Dian Sastrowardoyo, Pendiri Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Dalam kesempatan yang sama, berakhir juga program batch 2 yang sudah dilakukan dan menandakan dibukanya kembali program beasiswa batch 3 bagi peserta. Fokus pembelajaran Perempuan Inovasi masih mengacu pada Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM). Kami berharap perempuan lebih punya ruang untuk bertumbuh, bergerak, dan juga berdampak bagi lingkungan sekitar.Perempuan Inovasi berangkat dari nilai dan visi untuk membekali, menggali, dan meningkatkan potensi para perempuan Indonesia yang diusung oleh Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia. Dengan misi membangun generasi perempuan Indonesia yang berdaya, berinovasi, berkontribusi, dan berdampak bagi bangsa.

Program Perempuan Inovasi merupakan serangkaian aktivitas yang memberikan pengetahuan dan pelatihan keterampilan abad 21 kepada perempuan Indonesia yang nantinya dapat digunakan dalam ranah pekerjaan profesional. Pelatihan dan juga materi pembelajaran Perempuan Inovasi juga mendapatkan atensi serta dukungan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

# Tag


    © 2023-2024 SWA Media Inc.

    All Right Reserved