CSR Corner

Centratama dan EdgePoint Infrastructure Dirikan Perpustakaan Digital di Sekolah Pinggiran Kota

Centratama dan EdgePoint Infrastructure Dirikan Perpustakaan Digital di Sekolah Pinggiran Kota

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (Centratama) dan EdgePoint Infrastructure (EdgePoint) membuka perpustakaan digital di dua sekolah pinggiran kota di Jawa Timur dan DI Yogyakarta .

Pembukaan perpustakaan digital di MTS Maulana Ibrahim, Gresik dan SMPN 4 Sentolo, Kulon Progo ini merupakan bagian dari program Connectivity for Communities, sebuah inisiatif tanggung jawab perusahaan daerah yang bertujuan untuk menyediakan akses konektivitas bagi siswa-siswi di daerah-daerah yang belum terjangkau.

Bekerja sama dengan Habitat for Humanity, kedua pihak mengadakan program ini bertujuan untuk menyediakan perpustakaan digital yang lengkap di kedua sekolah dengan ruang-ruang khusus yang dirancang untuk menjadi pusat pembelajaran, penelitian, dan pengembangan diri. Dilengkapi dengan koneksi internet tanpa batas, ruang-ruang ini menyediakan akses ke beragam materi pendidikan, e-book, platform pembelajaran interaktif, dan konten multimedia interaktif yang berkaitan dengan mata pelajaran akademik serta minat pribadi siswa. Program ini juga akan menyediakan pengembangan kapasitas yang komprehensif untuk staf sekolah, memastikan keberlanjutan dan pengelolaan perpustakaan digital yang efektif.

Raymond Yan, CEO Centratama mengatakan, pihaknya percaya bahwa akses terhadap informasi dan pendidikan merupakan hak asasi manusia, dan menyadari kekuatan transformatif dari pendidikan digital. “Melalui program Connectivity for Communities ini, kami bertujuan untuk memberdayakan para siswa di daerah yang kurang terlayani, memberikan mereka lebih banyak kesempatan untuk meraih masa depan yang lebih baik dan lebih cerah. Program ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat yang kami layani, dan dalam jangka panjang menciptakan Indonesia yang lebih inklusif secara digital,P tuturnya dalam siaran pers (05/03/2024).

Sekolah-sekolah tersebut dipilih bekerja sama dengan Habitat for Humanity berdasarkan kriteria seperti tingkat kemakmuran dan juga tingkat pendidikan tertinggi secara keseluruhan untuk siswa di daerah tersebut. Sebagai contoh, Gresik, Jawa Timur memiliki 3.447 keluarga yang diklasifikasikan sebagai pra-sejahtera dan 2.294 keluarga yang diklasifikasikan sebagai sejahtera I. Sementara di Sentolo, DIY, 89% dari populasi perumahan di bawah standar memiliki pendapatan kurang dari US$ 1 /orang/hari, sementara tingkat pendidikan tertinggi yang dicapai adalah sekolah dasar (46%).

Misbahul Munir, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Kabupaten Gresik menambahkan, anak-anak ini akan menjadi penerus bangsa. Kita harus mendorong mereka untuk selalu belajar hal-hal baru dari berbagai sumber informasi, baik dari buku bacaan maupun materi pendidikan lainnya. Kami menyadari bahwa memanfaatkan teknologi adalah cara terbaik untuk mendukung upaya pendidikan, memberikan akses cepat ke sumber daya dan membuat generasi penerus kita tetap terinformasi.

Senada dengan hal tersebut, Triyono, Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo mengatakan, " Inisiatif ini sejalan dengan visi kami untuk masa depan yang inklusif secara digital, dan kami berharap dapat menyaksikan dampak positif yang akan diberikan kepada anak-anak.”

Hilal Badri, Kepala Sekolah di MTS Maulana Ibrahim, Gresik mengatakan, sebelum adanya perpustakaan digital, para siswa memiliki akses yang terbatas terhadap konektivitas dan perangkat untuk mengakses internet. Subiyanto, Kepala Sekolah di SMPN 4 Sentolo, Kulon Progo menambahkan bahwa hal ini tidak lagi menghambat program-program yang ingin diluncurkan oleh sekolah karena tidak dibatasi oleh akses internet yang buruk.

Hingga saat ini, program Connectivity for Communities telah memfasilitasi konektivitas untuk total 6 sekolah, yang berdampak pada lebih dari 5.000 siswa. Program ini ditargetkan untuk memberikan manfaat bagi 10 sekolah lainnya pada tahun 2024.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved