Marketing

Emba Jeans Gandeng SmileyWorld Rejuvenasi Segmen Setelah Eksis 55 Tahun Lebih

Emba Jeans Gandeng SmileyWorld Rejuvenasi Segmen Setelah Eksis 55 Tahun Lebih

Emba Group sebagai perusahaan fesyen lokal berdiri sejak tahun 1968 dan telah memiliki 6 brand yang cukup dikenal terutama di kalangan denim enthusiast, memperkuat eksistensinya di pasar. Hingga kini, Emba telah memiliki lebih dari 800 toko di Indonesia, sehingga membuat merek ini dekat dengan pelanggan.

Segmen yang digarap Emba Jeans adalah market para pecinta denim. Setelah setengah abad, merek ini me-rejuvenasi segmen konsumennya dengan masuk ke sektor pop culture melalui kolaborasi bersama SmileyWorld, mencoba mengeksplorasi perspektif dan energi baru di segmen anak muda.

Berfokus untuk meningkatkan brand awareness, Emba Jeans memulai debut kolaborasi dengan SmileyWorld untuk menghadirkan keceriaan dan mengakhiri kemuraman dunia yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini. Kolaborasi ini digambarkan sebagai sebuah perjalanan lintas tata surya.

Selaras dengan tema Emba Jeans musim ini, ‘The Dream Chaser’, ikon-ikon legendaris SmileyWorld dipadukan dengan corak dan motif-motif lain bernuansa pop-rock yang menjadi DNA Emba Jeans dengan wording print yang menyuarakan optimisme & kegigihan dalam meraih mimpi, melawan sedih, dan merayakan bahagia menjadi emosi yang menjadi satu kesatuan dalam perjalanan menuju jati diri sejati.

Motif abstrak & botanical berwarna gelap juga dikombinasikan dengan ikon-ikon Smiley dan diaplikasikan dengan teknik raster untuk memberikan efek yang unik dalam presentasi desainnya. Nuansa pop-rock ditampilkan pada desain ripped jeans dalam berbagai varian warna indigo, semua elemen ini dikombinasikan untuk menciptakan koleksi kolaborasi yang ceria tapi tetap terlihat nge-grunge serta memiliki look yang update dan tidak monoton.

Kolaborasi ini menghadirkan beberapa varian lini produk baru, seperti tees, jacket, pants, kemeja, dan berbagai aksesori. Kolaborasi juga dilakukan oleh Emba Jeans dengan cara yang sangat unik, menggandeng musisi pop culture yang sedang digemari anak muda Bilal Indrajaya dan Oslo Ibrahim, mereka membuat penasaran para followers-nya dengan konten-konten multitafsir yang dibanjiri komen-komen menebak projek kolaborasi mereka.

Kemudian, acara selebrasi diakhiri dengan peluncuran video campaign Emba x SmileyWorld. Kedua musisi ini pun turut mengumumkan mengenai produk kolaborasi Emba x SmileyWorld (10/03/2024). Tema dari kolaborasi adalah mengambil inspirasi dari ekspresi emosi Smiley yang menggambarkan bentuk bentuk emosi para musisi ini dibalut ke dalam tema ‘Play it cool, post your emotion.’

Melalui aktivasi secara online dengan menggandeng para musisi, kami ingin menjalin engagement dua arah, menangkap gaya fashion mereka dan menciptakan produk sesuai karakter mereka. Kini, kami membidik konsumen muda dengan rentang usia 19-25 tahun. Segmennya untuk Emba Jeans ini adalah laki-laki, namun jangan khawatir, untuk memenuhi kebutuhan segmen fashion perempuan kami memiliki brand Emba Ladies, yang kebetulan kolaborasi dengan SmileyWorld ini juga melibatkan brand Emba Ladies untuk memenuhi segmen perempuan di series artikel kolaborasi Emba x SmileyWorld.

Namun bukan hanya aktivasi online saja. Kolaborasi Emba x SmileyWorld ini dimunculkan dalam instalasi pop up booth di store store Emba di beberapa gerai Matahari Dept. Store seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Jogja, Manado dan beberapa kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Channel penjualan online juga kami kerahkan, seperti di marketplace, website Embajeans.co.id dan media sosial. Lewat cara ini, Emba yang telah hadir selama 55 tahun harus meremajakan basis konsumen lantaran mungkin sebelumnya yang banyak tahu soal Emba Jeans adalah konsumen di usia sekitar 40 tahunan,” jelas Mia Wu, Markom Manager Emba Group dalam siaran pers.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved