Technology

UKWMS Buka Program Studi Informatika

UKWMS Buka Program Studi Informatika

Informatika adalah bidang ilmu yang sedang tren terlebih setelah terjadinya pandemi COVID-19. Melihat hal ini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) memutuskan untuk mendirikan Program Studi Informatika di bawah naungan Fakultas Teknik (FT).

Pembelajaran Informatika UKWMS memiliki dua konsentrasi yaitu data science dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan software engineering. AI dibutuhkan untuk bisa mengambil serta mengolah data-data besar yang berkeliaran di internet. Dengan AI, data-data tersebut bisa dikumpulkan sesuai kebutuhan dan menghasilkan pengetahuan yang baru.

Philipus Suryo Subandoro, Kepala Pusat Data dan Informasi sekaligus dosen di Informatika UKWMS mengatakan software engineering mempelajari bagaimana cara membuat program yang sesuai dengan proses bisnis perusahaan sehingga dapat meningkatkan kualitas, efisiensi, dan rescalable software pada perusahaan. Kinerja AI sberbasis pada data yang terkumpul. Sehingga bisa terpengaruh oleh bias yang dimiliki oleh penyedia data.

“Untuk itu, di Informatika UKWMS menyediakan parameter yang bisa membantu menghasilkan AI yang lebih aman," ujarnya dalam siaran pers (14/03/2024).

Adapun Perkuliahan Informatika akan diselenggarakan secara reguler di Kampus UKWMS Kalijudan. Tepatnya di FT UKWMS, dan sudah tersedia laboratorium komputer dengan spesifikasi terbaru untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Selain itu, UKWMS sudah mempersiapkan kerja sama dengan berbagai pihak dari dalam dan luar negeri agar kualitas lulusannya semakin terjamin.

Bergabungnya para ahli yang menguasai bidang informatika serta berkecimpung langsung dalam proses pendidikan di UKWMS, diharapkan membuat civitas kampus kian maju dalam hal aplikasi teknologi. Pada gilirannya nanti, para lulusan juga bisa menjadi kontributor yang memberdayakan masyarakat Indonesia. Khususnya dalam hal pengembangan dan pemanfaatan teknologi informatika di berbagai bidang kehidupan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved