BTN Memutakhiran Fitur BTN Mobile
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) pada Maret ini memutakhirkan empat fitur di aplikasi BTN Mobile. Fitur-fitur terbaru ini adalah fitur proses pembukaan rekening baru via super apps BTN Mobile. Nasabah tak mendatang kantor cabang BTN lantaran fitur ini memudahkan nasabah membuka rekening. Berikutnya, fitur Auto-Debit Transaksi Rutin Bulanan, fitur ketiga penambahan layanan jasa kebutuhan harian pada fitur Lifestyle yaitu Daily Cleaning dan Massage.
Andi Nirwoto, Direktur Teknologi Informasi BTN, menjelaskan adanya simplifikasi pembukaan rekening secara digital, kini nasabah dapat dengan mudah dan cepat melakukan proses pembukaan rekening baru via Super Apps BTN Mobile dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu datang ke Kantor Cabang. “Prosesnya pun lebih singkat karena verifikasi nasabah dilakukan dengan teknologi e-KYC Liveness,” jelas Andi di Jakarta, Kamis (14/3/2024).
Sementara pada e-KYC Liveness, proses verifikasi dilakukan digital sehingga proses onboarding nasabah di BTN Mobile dapat dilakukan dengan lebih seamless. Dengan pengimplementasian e-KYC Liveness, diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan nasabah dalam menggunakan BTN Mobile.
Proses Know Your Customer (KYC) ini menggunakan metode Liveness adalah proses verifikasi nasabah melalui otentikasi biometrik berupa pemindaian wajah nasabah dengan beberapa instruksi tertentu secara live atau langsung. Proses ini menggantikan verifikasi secara manual ataupun melalui video call dengan CS (customer service) online yang mengharuskan nasabah untuk menunjukkan dokumen fisik.
Sementara fitur auto debit transaksi bulanan yaitu Transaksi BulananKu ini memanjakan melakukan transaksi pembayaran atau pembelian secara terjadwal. Fitur ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi rutin setiap bulannya seperti pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon, serta tagihan internet dan TV. Andi, pada pernyataan tertulisnya itu, menyampaikan nasabah juga dapat melakukan beragam transaksi pembelian yang dijadwalkan secara harian maupun bulanan khususnya untuk transaksi pembelian pulsa dan paket data, top up e-wallet serta pembelian voucher elektronik, dan seluruh fitur tersebut dilengkapi dengan laporan transaksi yang lengkap dan informatif.
Pada fitur Lifestyle di BTN Mobile disediakan layanan yang lebih lengkap. Andi menjelaskan, jika sebelumnya telah ada fitur Tiket Kereta yang bekerja sama dengan PT KAI, asuransi dan service AC, maka saat ini fitur Lifestyle menyodorkan layanan yang lebih lengkap yaitu dengan adanya fitur baru berupa pemesanan jasa layanan Daily Cleaning dan Massage. “Sebaran area untuk pemesanan Jasa Layanan Daily Cleaning dan Massage ini tidak hanya terbatas di area Jabodetabek saja namun juga di beberapa daerah lain yang tersebar seluruh Indonesia,” ujar Andi.
Adanya penambahan fitur-fitur tersebut merupakan sebuah bentuk komitmen dari Bank BTN guna meningkatkan layanan digital ditengah dinamika kebutuhan nasabah akan layanan yang serba cepat, praktis, aman dan nyaman.
Andi menyebutkan BTN pada tahun ini lebih agresif dalam mengembangkan fitur transaksi dan pemasaran produk Bank lewat BTN Mobile. "Ke depannya, BTN Mobile akan terus meningkatkan inovasi dengan menghadirkan beragam fitur teranyar pada super apps BTN Mobile yang siap memfasilitasi segala kebutuhan digital masyarakat Indonesia” tutur Andi.
Sejak diluncurkan pada Februari 2023, transaksi di aplikasi ini mencatatkan pertumbuhan. Hingga Desember 2023 jumlah transaksi di BTN Mobile telah melonjak di atas 142% secara tahunan, yang mana diikuti oleh peningkatan volume transaksi sebesar 53% .