Trends

Gerakan DAURI Dilaksanakan di 100 Jaringan Restoran HokBen

Gerakan DAURI Dilaksanakan di 100 Jaringan Restoran HokBen

Memasuki 39 tahun keberadaan HokBen di Industri Food and Beverages (F&B) Indonesia tidak lepas dari peran masyarakat yang menyukai menu-menu yang disajikan. Komitmen HokBen untuk selalu menjaga kualitas produk dengan kontrol terpadu melalui ISO 9001:2015 dan Sistem Jaminan Halal.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas pencapaian itu, HokBen mengadakan kegiatan buka puasa bersama di 39 panti asuhan yang tersebar di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mempereratkan tali persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama serta berbagi kebahagiaan.

Di bulan Ramadan ini, HokBen juga mengadakan program kepedulian lingkungan dalam campaign DAURI : Daur Untuk Negeri, gerakan berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Berkolaborasi bersama PT Sinar Sosro Indonesia dan Tetra Pak Indonesia, kampanye DAURI mengajak para pelanggan HokBen untuk lebih peduli menyetor kembali ‘kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai’ untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

“Mulai hari ini Gerakan DAURI akan dilaksanakan di 100 restoran HokBen yang tersebar nasional, melalui kolaborasi ini PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak, mengajak konsumen restoran HokBen untuk lebih peduli menyetor kembali ‘kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai’ untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat,” jelas Sugiri Willim, Direktur Marketing HokBen di Jakarta (13/03/2024).

Sebagai bentuk komitmen ini, ketiga pihak memulai pendekatan inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah dengan meletakkan dropbox yang dibuat dari bahan polimer dan aluminium (PolyAl) daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah di fasilitas HokBen sebelum dikirim ke pabrik daur ulang.

“Sosro adalah mitra kami selama bertahun-tahun. Melalui Gerakan DAURI, HokBen ingin menumbuhkan kebiasaan penanganan dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan kepada pelanggan kami. Sebagai restoran yang melayani hingga 50,000 pelanggan setiap hari, HokBen dapat berkontribusi nyata dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah yang lebih luas,” jelas Sugiri.

Kemitraan dengan Gerakan DAURI mendorong keterlibatan pelanggan HokBen melalui insentif inovatif, yakni apresiasi berbasis kode QR. Pelanggan yang membeli paket/menu HokBen take away dan dine-in dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman dan makanan, serta alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan, dan mengumpulkan poin. PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak menyiapkan apresiasi bagi pelanggan yang mencapai jumlah poin tertentu dan dapat ditukarkan dengan merchandise, seperti notebook, holder untuk smartphone yang dibuat dari materi sumpit daur ulang, hingga paket menu HokBen.

Kegiatan ini bukan pertama kali bagi HokBen dalam berinovasi untuk melakukan gerakan peduli lingkungan. HokBen memiliki komitmen untuk selalu membawa kebaikan bagi kehidupan masyarakat, HokBen juga telah berkolaborasi dengan Boolet dalam hal mengolah sampah sumpit sekali pakai untuk menjadi barang rumah tangga yang ramah lingkungan dan berkualitas. Pada 2023 lalu, telah berhasil mengumpulkan lebih dari 6 ton limbah sumpit sekali pakai dari outlet Hokben di Jabodetabek.

Artinya lebih dari 1.500 pohon telah berhasil diselamatkan dari ditebang untuk digunakan sebagai bahan baku sumpit. Selain itu, lebih dari 6 m3 area di tempat pembuangan akhir (TPA) dibebaskan dari penggunaan dan mengurangi gas methane yang dihasilkan.

Hokben juga telah menyerap menyerap hasil upcycle dari limbah tersebut sebanyak lebih dari 2 ton dalam bentuk dudukan handphone, tatakan gelas, magnet kulkas, dan juga dekorasi dinding panel. Boolet juga memberdayakan lebih dari 10 pengrajin lokal dalam pengolahan dan produksi produk tersebut.

Selain itu, HokBen menggandeng Rebricks dalam mengolah sampah plastik mika bekas menjadi bahan bangunan roster yang kemudian dapat digunakan kembali untuk beberapa gerai hokben di Indonesia. Saat ini sudah ada 45 gerai HokBen yang menggunakan eco-roaster dan dijadikan bagian dari interior toko. Sejauh ini total sampah yang diolah adalah 14.476 plastik mika.

Di Ramadan 1445 H, HokBen pun kembali menghadirkan menu Bento Ramadan. Pake menu ini hadir sebagai bentuk komitmen HokBen menemani pelanggan di momentum Ramadan yaitu kegiatan berbuka puasa. Menu lengkap ini dari minuman, makanan pembuka dan makanan utama dan salad.

“Bulan Ramadan adalah bulan mulia yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah buka puasa bersama untuk menciptakan kebersamaan,“ papar Sugiri.

Paket Bento Ramadan terdiri dari empat pilihan. Pertama, Bento Ramadan 1 dengan menu Beef Teriyaki, Kaarage Umakara, Tsumire Soup, Nasi, Salad dan Teh Botol Sosro dengan harga Rp 70.000/nett . Lalu, Bento Ramadan 2, terdiri dari Chicken Teriyaki, Curry Minche Ball, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Teh Botol Sosro, dengan harga Rp 58.000/nett. Menu ketiga adalah Bento Ramadan 3, terdiri dari Butter Miso Beef, Egg Chicken Roll, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Teh Botol Sosro, dengan harga Rp 70.000/nett. Juga, Bento Ramadan 4, terdiri dari Chicken Katsu, Tori Ball, Creamy Ebi Korokke, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Teh Botol Sosro dengan harga Rp 58.000/nett.

Butter Miso Beef merupakan salah satu produk baru andalan HokBen terbuat dari potongan daging sapi, (short plate) yang dimasak dengan butter dan miso sauce khas HokBen, ditambah dengan taburan wijen dan kacang polong. Selain terdapat dalam paket Bento Ramadan 3, menu Butter Miso Beef juga dijual sebagai menu ala carte. Ada juga Curry Minche Ball olahan daging sapi berbentuk bola dengan cita rasa kari ala jepang (Japanese curry) yang dibalur dengan tepung roti hanya ada khusus selama bulan Ramadan ini.

HokBen juga menghadirkan paket Share To Love, Love To Share, mulai dari harga Rp.26.000 nett/pack, yang mana para pelanggan HokBen dapat membeli paket ini untuk berbagi kepada sesame. HokBen juga dapat mengirimkan kepada Panti Asuhan/Dhuafa jika memang diminta oleh pelanggan.

Sejak kehadiran pertama kali pada 1985, HokBen telah menemani pelanggan melewati berbagai momen termasuk salah satunya momen Ramadan, bulan penuh keberkahan. Dengan tagline menyatukan rasa, HokBen berusaha memanjakan lidah pelanggan setia dalam setiap menu yang tersedia termasuk kehadiran menu lengkap Bento Ramadan. Jangan lewatkan momen berharga buka puasa bersama menu Bento Ramadan dari HokBen untuk menciptakan kehangatan dalam kebersamaan.

Bersamaan dengan menghadirkan menu Bento Ramadan, HokBen juga merayakan ulang tahun yang ke 39, yang jatuh pada bulan April bulan penuh keberkahan, Ramadan 1445 H. Mewujudkan rasa syukur telah menemani perjalanan pelanggan setia HokBen selama 39 tahun, HokBen mengadakan kegiatan buka puasa bersama 39 panti asuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved