Technology

Greens Manfaatkan Teknologi AWS Terapkan Intelligent Farming

(ki-ka) Co-founder dan Chief Business Officer Greens Erwin Gunawan, Country Manager Westcon Indonesia Ivan Agus dan CEO MIT Ricky Utomo.

Perusahaan startup di bidang agritech, Greens yang memiliki tujuan untuk membangun pertanian berkelanjutan bekerja sama dengan Westcon Indonesia, Merkle Innovation Teknology (MIT) dan dukungan Amazon Web Service (AWS) menghadirkan teknologi pertanian.

Salah satu inovasi dari Greens adalah membangun teknologi Controlled Environment Agriculture (CEA) dan memiliki inovasi teknologi agrikultur berbentuk pod (Greens pod). Inovasi ini mampu menciptakan sistem penanaman dalam ruangan yang terintegrasi dengan blockchain, artificial intelligence (AI), dan internet of things (IoT).

Greens pod adalah unit yang memiliki ekosistem tertata, deretan kompartemen tunggal berisi vegetasi pada berbagai tahap pertumbuhan, mulai dari bibit hingga tumbuh sepenuhnya. Teknologi buatan Greens pod memiliki kelebihan lain yaitu dapat mengatur suhu, air, cahaya, kelembaban udara, nutrisi, hingga CO2 secara otomatis. Kelebihan itu dapat memberikan jaminan kebersihan, menjaga kualitas nutrisi, hingga memberikan jaminan rasa yang lebih dari segar karena sayur-sayuran disajikan dalam keadaan masih hidup.

Saat ini, sudah ada 20-25 jenis tanaman. Untuk sayurannya, Greens tidak menanam apa yang sudah ditanam petani, dan ini superfood, yaitu micro greens. Motivasinya, pertama, memberikan bahan pangan yang aman dan baik. Selain itu, produk ini secara signifikan mengurangi jejak karbon hingga 50%, tidak menggunakan kemasan plastik, dan berkontribusi terhadap pelestarian lahan.

Erwin Gunawan, Co-founder dan Chief Business Officer Greens mengatakan bahwa Greens memiliki misi untuk mencegah kehilangan sumber pangan (food loss) dan menghadirkan sumber nutrisi yang terbaik.a

Data menyatakan jumlah limbah dan sampah makanan di Indonesia mencapai 20 hingga 48 juta ton per tahun sejak 2000-2019. Teknologi tentunya memiliki potensi yang luar biasa untuk membantu kami untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan. "Dengan dukungan dari Westcon, Merkle dan AWS kami yakin dapat terus berinovasi. Bahkan kini kami telah berhasil memotong hingga 50% waktu panen dan menghasilkan tanaman yang bernutrisi tinggi,” jelas Erwin.

Menjawab tantangan tersebut, Greens memilih berkolaborasi dengan MIT untuk mempercepat transformasi digital dan mengoptimalkan proses bisnis dengan dukungan AWS Cloud. MIT menyediakan keahlian konsultasi untuk membantu Greens mentransformasikan bisnisnya dan memajukan strategi digitalisasinya dengan membawa inovasi baru untuk menghadirkan intelligent farming.

“Merkle Innovation Teknology hadir sebagai konsultan teknologi modern yang berfokus untuk membantu klien bertransformasi menjadi perusahaan cerdas dan lincah. Bersama Westcon Indonesia dan AWS hadir untuk memberikan solusi inovatif kepada para klien dan mengidentifikasi bisnis model yang tepat,” ujar Ricky Utomo, CEO, Merkle Innovation Technology (14/03/2024).

Sementara Ivan Agus, Country Manager, Westcon Indonesia mengatakan, “Menciptakan peluang pertumbuhan bagi para mitra dan vendor selalu menjadi salah satu tujuan bisnis kami. Westcon Indonesia dan Merkle Innovation Technology memiliki visi yang sama, yaitu memberikan nilai bisnis yang lebih besar kepada para kustomer dengan dukungan teknologi AWS.”


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved