Technology

Jurus BRI Menjemput Bola Demi Memudahkan Transaksi Non Tunai Nasabah di Cipayung

Ilustrasi foto : BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Kantor Unit BRI Cipayung memperkokoh ekosistem pembayaran digital seiring dengan bertambahnya jumlah merchant yang menggunakan QRIS di Cipayung, Jakarta Timur. “Per Februari 2024, jumlah merchant sebanyak 1.200 unit di Cipayung. Mereka menggunakan QRIS-nya BRI. Strategi kami menjemput bola karena mengunjungi para merchant di kawasan ini untuk menggunakan QRIS,” ujar Husnul Fuad, Kepala Unit BRI Cipayung saat dijumpai SWAonline di Jakarta pada Jumat, (8/3/2024).

Petugas BRI atau mantri, lanjut Fuad, rutin mengunjungi calon merchant dan nasabah di kawasan Cipayung itu. Mereka mengedukasi para merchant atau pedagang untuk menggunakan transaksi non tunai via QRIS-nya BRI. Caranya sangat mudah. Merchant yang sudah membuka rekening tabungan BRI, maka barcode QRIS tersedia dalam sekejap mata. “Rata-rata merchant yang menyediakan QRIS BRI di Cipayung ini adalah pelaku usaha kuliner. Sedangkan rata-rata nilai transaksi dari seluruh merchant di Cipayung yang menggunakan QRIS-nya BRI berkisar Rp 6-8 miliar per bulan, ” tutur Fuad menjabarkan.

Dia mencontohkan salah satu contoh merchant terbaik yang menggunakan QRIS di kawasan Cipayung ini adalahpedagang wedang jahe yang mangkal di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur. Transaksi pembeli wedang jahe via QRIS-nya BRI di merchant ini sangat atraktif. “Pedagang jahe ini berjualan mulai sore hingga malam hari. Konsumennya banyak yang menggunakan QRIS untuk bertransaksi,” sebut Fuad.

BRI Kantor Unit Cipayung senantiasa menjalin komunikasi dan pendampingan kepada para merchant. “Kami ada 4 mantri yang mencakup area Cipayung. Tugas mereka diantaranya mengedukasi para nasabah. Untuk mencegah fraud penggunaan QRIS, kami mengedukasi merchant untuk memantau real time transaksi QRIS di aplikasi BRImo,” kata Fuad.

Perihal aplikasi BRImo, manajemen BRI terus mengembangkan layanan yang berorientasi customer centric. BRImo merupakan financial super apps digital bankingvyang memudahkan akses dan transaksi nasabah lantaran menyediakan beragam fitur dan solusi holistik layanan keuangan dalam satu genggaman tangan saja.

Perseroan mengembangkan BRImo demi memberikan layanan transaksi yang mudah, cepat, dan aman. BRI mencatat jumlah total pengguna BRImo di 2023 sebanyak 31,6 juta user, meningkat 32,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022. Pada periode ini, jumlah transaksi di BRImo ini mencapai 3 miliar kali transaksi atau melonjak sebesar 69,2%. Adapun untuk volume transaksi mencapai Rp 4.158 triliun atau naik sebesar 55,8% secara tahunan

Transformasi Digital Permudah Nasabah

Andrijanto, Direktur Retail Funding and Distribution BRI, mengapresiasi kepercayaan nasabah terhadap BRImo terus bertambah. BRI terus mendorong berbagai kemudahan, termasuk penawaran agar nasabah semakin menggunakan BRImo untuk kebutuhan transaksi sehari-hari. “Tentunya ini kami jawab dengan terus mengembangkan dan memperkuat BRImo memenuhi kebutuhan nasabah dengan cepat, mudah dan tentunya aman,” jelas Andrijanto pada siaran pers di Jakarta, 13 Januari 2024.

Perseroan berinovasi mengembangkan BRImo untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari beragam segmen. Misalnya saja menambah fitur untuk investasi, pembelian tiket kereta cepat Whoosh, voucher games dan streaming yang memenuhi kebutuhan lifestyle, registrasi BRImo di luar negeri hingga fitur pendaftaran merchant. Terlebih lagi pada 17 November 2023, super app BRImo juga semakin lengkap dengan menghadirkan QRIS antar negara (cross-border) yang dapat ditransaksikan oleh pengguna saat berbelanja di Singapura.

Pengembangan secara terus menerus yang dilakukan BRI terhadap super appsnya tersebut menjadikan layanan BRImo semakin lengkap. BRImo memiliki ratusan fitur dan telah bekerjasama dengan lebih dari 3.700 biller. Hal ini semakin memberikan kemudahan dan menjawab beragam kebutuhan transaksi nasabah.

Selain memiliki fitur yang lengkap, saat ini super apps BRImo juga menjadi aplikasi mobile banking dengan rating terbaik dibandingkan aplikasi mobile banking sejenis di Indonesia. Data tersebut diperoleh berdasarkan jumlah pengunduh pengguna Android (Playstore) dan IOS (AppStore). Tercatat, para pengguna Android memberikan rating 4,5 dengan total 1 juta review dan pengguna IOS memberikan rating 4,7 dengan total 129 ribu review. Hal tersebut menunjukkan tingkat kepuasan para pengguna BRImo terhadap aplikasi tersebut.

Selain melengkapi fitur bertransaksi di BRImo, BRI juga selalu bersinergi dengan regulator terkait dalam menerapkan perlindungan konsumen. BRI juga terus meningkatkan literasi dalam perlindungan data konsumen. Guna memberikan perlindungan bagi nasabah, BRI telah menyiapkan berbagai langkah strategis dengan program-program edukasi melalui media digital secara berkala hingga menyediakan akses pengaduan nasabah di BRImo yang memudahkan penyampaian keluhan secara langsung saat itu tanpa datang ke kantor cabang dan tanpa mengeluarkan biaya pulsa telepon.

Kemudian, nasabah BRI dapat transfer maupun menerima dana tanpa nomor rekening dengan menggunakan fitur QRIS Transfer di BRImo. QRIS tidak hanya terbatas pada pembayaran karena kini juga dapat digunakan untuk melakukan transfer ke sesama rekening BRI, rekening bank lain dan dompet digital.

Pengirim dan penerima uang hanya perlu menyediakan smartphone dengan aplikasi BRImo atau aplikasi finansial lainnya yang mendukung fitur QRIS Transfer. Selanjutnya, tinggal menampilkan kode QRIS Transfer dan memindainya untuk menyelesaikan transaksi.

Terkait dengan hal tersebut, Andrijanto mengungkapkan bahwa digital transformation telah mendorong perbankan untuk menghadirkan layanan yang lengkap hanya menggunakan smartphone. "Customer experience merupakan prioritas BRI dalam memberikan setiap layanannya. BRI juga senantiasa memperhatikan kebutuhan pasar dan tuntutan masyarakat yang semakin beragam. Layanan dari BRImo ini diharapkan dapat mempermudah sehingga lebih praktis dalam menyelesaikan kebutuhan finansialnya,” jelasnya. Fitur QRIS Transfer menyodorkan dua opsi cara transfer, yaitu dengan memasukkan nominal transfer secara manual atau langsung memindai kode QR dengan nominal transfer yang sudah diinput oleh penerima uang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved