Trends

Newlab Menjajaki IPO Pasca Mendapat Investasi dari Richard Lee

(kiri-kanan) Richard Lee, Komisaris Newlab dan CEO Newlab, Meliani Muljoredjo di Jakarta pada Jumat, 15 Maret 2024. (Foto : Newlab).

PT Akselerasi Sumber Berkah atau Newlab menjajaki penawaran umum perdana saham (IPO/intial public offering) pada 5 tahun mendatang. Newlab adalah produsen dan pengelola jenama personal care and beauty. “Kami menjajaki dan mempertimbangkan untuk IPO sekitar 5 tahun mendatang,” ujar Meliani Muljoredjo, CEO Newlab saat dijumpai SWAonline di Jakarta, Jumat (15/3/2024). Manajemen Newlab optimistis bisa merealisasikan aksi korporasi ini seiring dengan keberhasilan menggelar transformasi bisnis, mencetak omset dan profit serta suntikan dana dari investor dari dr. Richard Lee, MARS., Ph.D

Berdasarkan catatan Majalah SWA, Newlab membukukan pendapatan miliaran rupiah pada 2019-2022. Meliani menjabarkan skala bisnis Newlab berangsur-angsur naik kelas dari sebelumnya usaha mikro, kecil,dan menengah (UMKM) untuk menjadi perusahaan yang kinerja finansialnya berkelanjutan. Peningkatan skala bisnis Newlab tecermin dari kepercayaan investor, yakni Richard, yang menyuntikkan dana ke Newlab.

Meliani mengapresiasi investasi dari Richard ke Newlab. Dia meyakini sosok Richard akan membawa kemajuan inovasi mutakhir ke perusahaan. “Investasinya mencapai miliaran rupiah,” ucap Meliani menjawab pertanyaan SWAonline mengenai nilai investasi Richard ke Newlab. Meliani mendirikan Newlab dari sebuah kamar yang sempit di Bali. Pelan tapi pasti, skala bisnis Newlab kian bertumbuh. Produk perawatan kulit dan kecantikan Newlab diformulasikan khusus oleh para ahli nutrisi dan ilmuwan.

Kendati mendapat suntikan dana segar, Meliani masih memegang kendali di Newlab. Sedangkan, Richard dipercaya sebagai Komisaris Newlab. “Tujuan kami mengangkat dr. Richard Lee sebagai Komisaris Newlab karena dua alasan. Pertama, kita tahu sosok beliau adalah dokter kecantikan yang kritis terhadap produk beauty. Kedua, karena ia aktif memberi edukasi positif ke publik,” ujar Meliani.

Keputusan ini diambil dengan tujuan mempercepat pertumbuhan dan inovasi Newlab di masa mendatang dan membawa Newlab menonjol di industri kecantikan Tanah Air. Selama ini, Richard mengedukasi kepada masyarakat, tentang memilih dan memilah, produk kecantikan yang baik dan aman di program siniarnya (podcast).

Richard adalah dokter kecantikan dan pesohor yang dikenal aktif di media sosial. “Keputusan bergabung dengan Newlab untuk membuktikan, bahwa saya memang peduli terhadap perkembangan industri kecantikan ini. Meski bukan saya pemilik produk ini, saya tetap bisa support asalkan produknya bagus. Bahkan, saya mau terlibat langsung untuk memberi arahan dan masukan. Namun dengan catatan tadi, produknya memang bagus, aman dan terpercaya,” ujar Richard.

(kedua dari kiri dan kedua dari kanan) Richard Lee, Komisaris Newlab dan CEO Newlab, Meliani Muljoredjo di Jakarta pada Jumat, 15 Maret 2024. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

Dia mengatakan dalam dua tahun terakhir mengembangkan bisnis dan mencari perusahaan bagus yang bisa diakuisisi. “Saya berkeliling, ketemu banyak perusaahan yang senang saya mau investasi. Namun dalam banyak hal, ternyata mereka tertutup. Nah, Newlab ini luar biasa terbuka. Saya cek, keuangan mereka bersih, cash flow-nya bagus, marketing-nya luar biasa, dan cara mereka berkomunikasi ke publik sangat bertanggung jawab, makanya saya bersedia bergabung,” tutur Richard.

Meliani berharap bergabungnya Richard ini akan meningkatkan citra merek dan popularitas Newlab. Hal itu sejalan dengan misi Newlab yang bertujuan, menjawab kebutuhan wanita indonesia untuk bisa ingin tampil cerah, fit dan glowing.

Selain itu, dalam rangka menyambut hadirnya bulan suci Ramadan 2024 dan bergabungnya Richard dalam keluarga Newlab, brand ini jadi semakin aktif meluncurkan campaign sebagai bentuk dukungan kepada wanita Indonesia. Salah satunya, kegiatan giveaway THR Lebaran senilai Rp 50 juta sebagai dorongan untuk para wanita, agar dapat menginspirasi perempuan lain untuk dapat menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Newlab beroperasi sejak 2019. Perusahaan ini telah mengantongi izin dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved