Strategy

Setelah Buka Gerai ke-7, Aeon Segera Tambah 5 Toko Baru, Ini Lokasinya

Setelah Buka Gerai ke-7, Aeon Segera Tambah 5 Toko Baru, Ini Lokasinya

Mengawali tahun 2024, PT Aeon Indonesia melanjutkan aksi ekspansinya. Hal ini ditandai dengan pembukaan gerai Aeon ke-7 yang berlokasi di di Living World Mall Kota Wisata Kota Wisata, Bogor, Jawa Barat. menandai tonggak penting dalam upaya perusahaan untuk terus menawarkan pengalaman berbelanja baru kepada pelanggan yang tinggal di wilayah sekitar.

Dipilihnya Living World Mall Kota Wisata milik Kawan Lama Group sebagai lokasi pembukaan gerai Aoen dengan pertimbangan sama-sama menyasar keluarga muda, apalagi Kawan Lama telah memiliki lebih dari 20 toko ritel yang tersebar di Indonesia. Aeon Kota Wisata ini dengan tipe General Merchandise Store (GMS).

Ekspansi Aeon Supermarket diawali di Alam Sutera yang berlokasi di Mall @ Alam Sutera pada September 2023. Pembukaan Aeon di Living World Mall Kota Wisata juga dilatarbelakangi oleh kemiripan antara Aeon dan Living World Mall yang target pasar utamanya adalah keluarga muda,” jelas Takahiro Osugi, Presiden Direktur PT Aeon Indonesia, beberapa waktu lalu.

Hingga akhir tahun 2024, Aeon akan membuka 5 toko baru di beberapa lokasi: Deltamas (Bekasi), Puri Indah Mall (Jakarta Barat), Bintaro Exchange Mall (Tangerang Selatan), Mall Ciputra (Tangerang) dan Bekasi. Namun, Osugi menutup rapat berapa nilai investasi yang dibenamkan per toko. Yang jelas, tipe toko General Merchandise Store menyedot investasi dua kali lipat dibandingkan tipe supermarket atau Health & Beauty Cosmetic.

Osugi menjelaskan, Aeon Indonesia mengembangkan jaringan tokonya dengan tiga tipe. Tipe pertama, General Merchandise Store (GMS) yang paling luas dengan menjual produk supermarket, rumah tangga, apparel dan lainnya. Contoh Aeon BSD City (Tangerang) dan Aeon Deltamas Cikarang (Bekasi).Tipe kedua adalah supermarket yang menjual aneka kebutuhan rumah tangga. Contoh Aeon Kota Wisata (Bogor), Jakarta Garden City tahun 2017, Sentul City pada tahun 2020,Tanjung Barat tahun 2021. Tipe ketiga adalah Health & Beauty Cosmetic (HBC). Contohnya Aeon Alam Sutera dan Aeon Health & Beauty Lotte Mall Jakarta tahun 2023.Aeon Kota Wisata melayani beragam kebutuhan masyarakat setempat, dari produk segar yang dijamin keamanannya, produk kesehatan dan kecantikan yang kekinian, aneka roti yang dipanggang setiap harinya, hingga chicken karage dan sushi yang populer.

“Yang membuat toko Aeon Kota Wisata berbeda dari toko sebelumnya adalah kehadiran `Dodonyaki’, sajian yakiniku bowl yang memadukan cita rasa tradisional Jepang dengan sentuhan modern,'' papar Osugi. Dengan kombinasi daging berkualitas dan saus yakiniku & teriyaki yang menggugah selera, Dodonyaki bisa memikat selera para pecinta kuliner Jepang.

Selama masa pembukaan, Aeon Kota Wisata juga mengadakan program gimmick untuk menggaet pengunjung. Para pelanggan baru yang melakukan pembelanjaan minimal Rp 250.000 dan mendaftar sebagai anggota di aplikasi Aeon Point akan mendapatkan detergen cair Gentle Gen gratis. Pada hari pembukaan, 1.000 pelanggan pertama yang melakukan pembelian senilai Rp 300.000 atau lebih mendapatkan tote bag eksklusif Aeon.

“Kami senang dapat menawarkan produk makanan lezat populer kepada masyarakat setempat di Kota Wisata dan wilayah sekitarnya,” tambah Osugi. Pusat perbelanjaan ini bertujuan menjadi destinasi belanja yang menarik bagi masyarakat setempat dari segala usia.

Aeon menawarkan konsep berbelanja yang berbeda dengan ritel lainnya di Indonesia, yaitu konsep one-stop-shopping dengan destinasi belanja yang lengkap bagi pengunjung. Pada lantai GF di Aeon, terdapat Waroeng Bungkus yang merupakan area makanan cepat saji bagi pelanggan yang menyukai masakan Jepang seperti Sushi, bento, takoyaki, tempura, juga makanan lokal.

Untuk Aeon Health & Beauty Cosmetic menghadirkan kosmetik dan skin care lokal, Jepang, Barat serta, obat – obatan dan produk herbal. Aeon Supermarket hadir dengan buah & sayuran yang segar tiap harinya, serta Tasmanian Beef yang langsung diimpor dari peternakan Aeon di Tasmania serta ikan Salmon segar dari Norwegia. Bagi pecinta bakery & coffee pelanggan dapat menikmati sajian kopi dan makanan ringan. Dengan mengombinasikan antara department store dan supermarket, Aeon akan lebih mempermudah pelanggan untuk mendapatkan barang-barang kebutuhannya dengan waktu yang efisien.

Makin banyaknya gerai toko yang dibuka, Aeon Indonesia membidik 500 ribu member dalam genggaman. “Saat ini member Aeon Indonesia sudah mencapai 400 ribu. Jadi, target 500 ribu itu lebih mudah tercapai, “ tutur Osugi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved