Automotive

Mobil Niaga Listrik Andalan Foton

Mobil Niaga Listrik Andalan Foton

Sebagai pendatang baru di bisnis kendaraan niaga, Foton, produsen kendaraan niaga terbesar di China meluncurkan produk-produk andalannya, beberapa di antaranya adalah mobil niaga elektrik seperti : Foton e TruckMate, eAumark dan eView.

“Kami meluncurkan beberapa produk truk EV sebagai solusi bisnis di Indonesia. Kami berharap produk tersebut memperoleh kepercyaan konsumen dan dapat menjadi mitra bisnis kami, ”kata Edi Napis, Chief Operation Officer PT Global Indomobil Transportasi, agen pemegang merek Foton di Indonesia dalam keterangan tertulis (18/03/2024).

Napis menambahkan, Foton berkomitmen untuk memperkenalkan model dan teknologi terbaru Foton EV sebagai perwujudan untuk mendukung mobilitas elektrifikasi di Indonesia. Selain itu, perusahaan terus meningkatkan kinerja SDM Foton di Indonesia untuk memberikan layanan penjualan dan purnajual yang berkualitas bagi pelanggan.

Foton eTruckmate truk ringan yang mampu membawa beban hingga 1.020 kg. Mnggunakan motor Listrik dengan kekuatan 60 kw dan torsi maksimum 220 Nm, mobil ini memiliki jarak 220 kilometer. Sedangkan Foton eView adalah mobil station wagon berkapasitas hingga 16 orang yang mampu melaju sejauh 235 Km. Sedangkan eAumark adalah truk ringan serba guna yang mampu mengangkut beban besar.

Pada Januari 2024 Indomobil Group, melalui anak perusahaannya PT Indomobil Global Transportasi telah menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis dengan Beiqi Foton Motor Co, Ltd China yang merupakan induk dari merk Foton. Pendirian Kerjasama Strategis ini menjadikan Indomobil sebagai perakit dan distributor brand Foton.

Grup Indomobil adalah salah satu pelopor industri dan pemasaran produk otomotif di Indonesia, memiliki sistem pengoperasian kendaraan komersial yang lengkap mulai dari manufaktur mobil, jaringan penjualan dan purna jual, lembaga pembiayaan, penyewaan kendaraan, hingga logistik dan suku cadang.

Kedua belah pihak akan mendirikan perusahaan manufaktur dan perusahaan penjualan patungan segera mungkin untuk memperdalam operasi teritorial dan membangun basis manufaktur kendaraan listrik Foton dan mencakup seluruh wilayah termasuk kawasan ASEAN.

Produk EV sedang menikmati pertumbuhan yang sangat pesat di Indonesia. Data menunjukkan penjualan kendaraan listrik di Indonesia pada tahun 2023 meningkat 300% dibanding periode sebelumnya.

Indonesia adalah pemilik sumber daya nikel terbesar di dunia. Sementara itu, untuk mencapai tujuan pengurangan emisi karbon sebesar 31,89% pada tahun 2030, dan netralitas karbon pada tahun 2060, Pemerintah memprioritaskan pengembangan kendaraan berbasis listrik sebagai strategi nasional, dan telah memperkenalkan serangkaian kebijakan dan langkah-langkah pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik yang selaras dengan visi dan misi Foton Indonesia.

Foton adalah perusahaan kendaraan komersial di China. Melalui integrasi horizontal kerja sama strategis dengan perusahaan global seperti Cummins dan ZF, Foton telah menyelesaikan seluruh rangkaian komponen inti untuk kendaraan komersial

Untuk memperkuat posisi Foton di pasar otomotif Indonesia, khususnya di segmen kendaraan komersil EV, perusahaan telah melakukan beberapa strategi bisnis yang inovatif dan progresif bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi, kualitas produk, serta layanan purna jual di Indonesia.

Napis menambahkan, “ Kami akan segera melakukan produksi Completely Knocked Down (CKD) untuk produk-produk Foton EV di Indonesia. Produksi CKD ini memungkinkan kami untuk menurunkan biaya produksi dan meningkatkan kandungan lokal sehingga konsumen dapat menerima insentif pajak dari program pemerintah.”


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved