Marketing

Kisah 4 Kreator Perempuan di TikTok yang Menginspirasi Banyak Orang

Kisah 4 Kreator Perempuan di TikTok yang Menginspirasi Banyak Orang

Sebagai ruang kreatif yang inklusif, TikTok menjadi tujuan kreator perempuan yang terus datang ke platform ini untuk saling terhubung, menginspirasi, dan memberikan semangat positif kepada para perempuan di Indonesia. Tak hanya berbagi tentang hobi dan opini mereka, para kreator perempuan ini mengajak para perempuan dari lintas generasi untuk ikut berkarya, mengeksplorasi potensi mereka, meningkatkan kesadaran akan isu tertentu, membuka peluang ekonomi dan profesional, hingga mendobrak batasan dan mematahkan stigma yang ada di masyarakat.

Di Indonesia, ada berbagai kreator perempuan yang menginspirasi komunitas perempuan di TikTok. Mulai dari ibu rumah tangga yang mengembangkan bisnisnya sembari mengurus keluarga, penggemar fesyen yang kerap tampil dengan gaya unik, hingga seorang difabel yang membuktikan kemandiriannya lewat beragam prestasinya, para kreator perempuan di TikTok tak henti-hentinya mengeksplorasi potensi dan bakat mereka. TikTok pun ingin membagikan kisah inspiratif dari sejumlah kreator perempuan yang terus berupaya untuk membawa perubahan positif.

Siapa saja keempat kreator perempuan inspiratif tersebut? Pertama, Maureen Kartika. Keterbatasan fisik tidak memadamkan semangat kreator, Maureen untuk berbagi kegemarannya pada dunia kecantikan. Meskipun berada di kursi roda dan menggunakan alat bantu pernapasan, Maureen kerap berbagi tips kecantikan, tren makeup, serta ulasan produk perawatan kulit kepada komunitas perempuan di TikTok.

Selain berbagi tips seputar kecantikan, Maureen juga membagikan kesehariannya untuk memotivasi sesama difabel melalui akun pribadinya. Dia berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mematahkan stigma tentang kaum difabel yang kerap dinilai tidak mampu bekerja secara mandiri. Berkat pencapaiannya, Maureen bisa menunjukkan bagaimana seorang difabel bisa berkarya, mengejar mimpi, dan memperoleh penghasilan. Dia pun sering mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan banyak brand kecantikan lokal.

Kedua, ibu rumah tangga Nofelita Sijabat yang tingkatkan kondisi perekonomian keluarga lewat usaha rumahan di platform digital. Berangkat dari kondisi perekonomian keluarganya yang menurun di tahun 2022, ibu rumah tangga asal Sumatera Utara, Nofelita untuk berbagi kepiawaiannya dalam memasak lewat akun pribadinya. Dari berbagai resep masakan yang diunggah Nofelita, salah satu hidangan yang paling menarik perhatian komunitas TikTok adalah Naniura, hidangan khas Batak berupa ikan segar yang dilumuri beragam bumbu tanpa melalui proses pemasakan. Respons positif yang diberikan komunitas pun mendorong Nofelita untuk berani berjualan Naniura. Tak disangka, usaha kulinernya berkembang hingga sang suami mengundurkan diri dari pekerjaannya untuk membantu usaha ini.

Berkat usahanya, kreator yang akrab dikenal dengan sapaan khasnya ‘Kiyuk Cesku!’ ini membuktikan bahwa #PerempuanBisa menjadikan karya dan ambisinya untuk membantu perekonomian keluarga. Selain Naniura, Nofelita juga berhasil mempopulerkan beragam hidangan khas Batak yang halal dan bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Ketiga, kreator Dillah berikan nafas segar untuk para pecinta fesyen. Pemenang 'Best of Fashion & Beauty' di TikTok Awards Indonesia 2023 ini sering mengunggah konten-konten tutorial menjahit singkat dan padu padan pakaian yang nyentrik, namun berhasil menginspirasi audiensnya untuk mencoba berbagai jalan dalam menemukan gaya personal mereka. Dillah merasa menemukan komunitas yang bisa mengapresiasi karya-karyanya. Ia juga bisa menjalin relasi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa, sehingga semakin membuka pintu bagi Dillah untuk berkecimpung di dunia fesyen dan memberanikannya untuk membuka brand fesyen sendiri bernama Herat Studio. Dia baru-baru ini juga diundang ke salah satu pekan mode yang paling bergengsi di dunia, New York Fashion Week 2024.

Keempat, kreator Lianna Nathania bantu pelajar Indonesia lihat sisi lain dari mata pelajaran yang 'menyeramkan'. Jika matematika menjadi salah satu mata pelajaran paling ditakuti murid-murid di Indonesia, kreator asal Pontianak, Lianna ingin mematahkan persepsi tersebut. Lianna sendiri awalnya bukan penggemar matematika, namun karena semangat belajarnya yang tinggi, ia pun menjadi bersemangat ketika menemukan trik-trik hitung cepat baru. Lewat kontennya, Lianna mengemas materi matematika yang rumit dengan gaya komunikasi sederhana yang mudah dipahami.

Berkat konsistensinya, dia telah mengumpulkan lebih dari 3,3 juta followers di TikTok. Respons positif dan antusiasme dari komunitas TikTok pun memacunya untuk menerbitkan dua buku berjudul Math Tricks dan Liana's Study Guide: UTBK SNBT 2024 yang membahas beragam trik hitung cepat yang jarang diajarkan di sekolah. Para followers-nya pun kerap mengadu kehabisan buku Lianna di toko buku, serta memintanya membuat buku matematika untuk jenjang-jenjang lainnya. Selain berbagi melalui TikTok, Lianna juga aktif menggelar kelas matematika gratis di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional yang dirayakan awal bulan ini, TikTok mengajak para kreator perempuan di Indonesia untuk mengekspresikan diri mereka secara kreatif dan mendukung satu sama lain lewat laman khusus di dalam platform bertajuk #PerempuanBisa. Selain menemukan beragam cerita yang menginspirasi dan kreativitas dari kreator hingga musisi perempuan Indonesia, pengguna yang ingin melakukan konsultasi terkait pemberdayaan perempuan juga bisa menghubungi saluran siaga dari berbagai rekanan TikTok.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved