Capital Market & Investment

Sentimen Positif Halving dan Saham pada April, Bareng Momen Lebaran

Sentimen Positif Halving dan Saham pada April, Bareng Momen Lebaran
Momen halving Bitcoin diprediksi April akan memberikan sentimen positif.

Sentimen positif di aset kripto diperkirakan masih akan terus berlanjut. Pasar kripto diproyeksi akan menghijau saat Bitcoin Halving, yang jatuh pada bulan April mendatang atau bertepatan dengan momen Ramadan dan Idulfitri atau lebaran.

Co-founder Bitcoin Indonesia Dimas Surya Alfaruq mengungkapkan saat Bitcoin Halving, membuat laju pasokan Bitcoin di pasar berkurang. Hal ini dapat memungkinkan harga Bitcoin berpotensi naik signifikan. Saat ini pun dapat dikatakan pasar kripto juga tengah berada di fase bullish, terlihat pada harga-harga yang cenderung stabil.

“Selain itu, permintaan terhadap Bitcoin juga terus meningkat sejak adanya Bitcoin ETF pada awal Januari 2024, sebanyak 10 kali dari produksi harian Bitcoin saat ini (900 Bitcoin/hari). Sehingga ketika terjadi Bitcoin Halving, jika demand ini tetap meningkat di saat supply berkurang (menjadi 450 Bitcoin/hari), maka ada potensi kenaikan yang signifikan di kemudian hari,” kata Dimas dalam acara Finance Flash 2024.

Oleh karena itu, Dimas melanjutkan, investor perlu mempersiapkan strategi trading dan investasinya agar dapat memanfaatkan situasi pasar dengan baik. “Investor dapat menabung rutin atau Dollar Cost Averaging dan diversifikasi di sejumlah aset kripto. Karena Halving Bitcoin juga berpotensi mempengaruhi naiknya harga aset-aset kripto lainnya,” ujar Dimas.

Secara historis, halving Bitcoin pada tahun 2013 mencatat peningkatan harga Bitcoin hingga 93,1 kali setara Rp164 juta. Kemudian Halving tahun 2017, harga Bitcoin meningkat 30,1 kali yang membuat Bitcoin mencapai level Rp300 juta. Selanjutnya tahun 2021 meningkat sebesar 7,8 kali, menyentuh All-Time-High (ATH) di angka Rp939 juta.

Selain itu, pasar saham juga diproyeksi positif. Hendra Wardana selaku Founder Komunitas Saham Stocknow.id menjelaskan saham di sejumlah sektor seperti logistik, konsumer, dan transportasi cenderung meningkat saat Ramadhan dan Lebaran.

“Dengan adanya potensi tersebut, investor kripto diharapkan bisa mendiversifikasi asetnya di pasar saham. Begitu juga investor saham juga bisa mempertimbangkan masuk ke aset kripto untuk menyambut bullish dan Bitcoin Halving. Sehingga dapat mendukung investor memanfaatkan momentum positif di sejumlah instrumen dengan lebih optimal,” kata Hendra.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved