Strategy

Siapkan Capex Rp400 Miliar, Begini Strategi Bisnis HATM

Siapkan Capex Rp400 Miliar, Begini Strategi Bisnis HATM
Jajaran direksi HATM saat Public Expose kinerja tahun 2023 via online Youtube. (dok HATM)

Habco Trans Maritima (HATM) siap menggelontorkan capex Rp400 miliar untuk tahun 2024. Capex ini akan digunakan untuk menambah jumlah armada perseroan, baik membeli atau sewa kepada pihak lain.

“Capex, seperti yang dijelaskan tadi sekitar Rp400 miliar, dan targetnya cukup reasonable, karena kita mau tambah armada juga. Seperti yang kami bilang, nanti ada gabungan antara kapal yang disewa dengan kapal yang kita beli,” ujar Direktur HATM Andre Ristanto dalam laporan public expose kepada BEI, Selasa (19/03/2024).

Sementara itu, Direktur Utama HATM Andrew Kam mengungkapkan perseroan berencana meningkatkan laba bersih sebesar hingga 39%. Ini akan dicapai dengan adanya optimalisasi utilisasi kapal dan juga penambahan armada sehingga persentase fix cost terhadap laba bersih itu lebih berkurang.

“Sehingga kami bisa memaksimalkan laba bersih bertumbuh lumayan banyak. Jadi utk tahun 2023 itu kami secara actual ada penambahan efektif 1 supramax dan 1 post-panamax yang mengakibatkan kapasitas angkut perseroan menjadi 2 kali lipat, sehingga kami bisa mengangkut lebih banyak kargo dan menjadi lebih efisien,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Senada dengan Andre Ristanto, Andrew Kam mengaku untuk penggunaan laba bersih tahun 2023 yang ditahan sebesar 80% akan dialokasikan untuk capex tahun ini. “Jadi itu akan menyumbang ke alokasi capex sebesar Rp400 miliar yang sudah disebutkan oleh Bapak Andre Ristanto sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk mempertahan kinerja positif, Andrew Kam mengatakan perseroan terus melihat peluang untuk mengambil market-market baru. Selain itu juga diimbangi dengan penambahan kapal untuk penambahan kapasitas, karena seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya utilisasi untuk kapal-kapal perseroan sudah di atas 90%.

Rencana perseroan akan melakukan pinjaman sekitar 200-250 miliar. Itu termasuk di dalam anggaran modal belanja yang direncanakan Rp400 miliar tersebut, yang mana mungkin sebagian dari kas sebagian nanti berasal dari pinjaman bank.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved