Strategy

Kopi Kenangan Siap Ekspansi ke Negara Baru di Semester I/2024

Kopi Kenangan Siap Ekspansi ke Negara Baru di Semester I/2024
Pembukaan gerai pertama Kopi Kenangan di Malaysia. (Doc. Kopi Kenangan)

Setelah sukses melakukan ekspansi di Malaysia pada 2022 dan Singapura pada 2023, Kopi Kenangan berencana melanjutkan langkahnya dengan membuka gerai di negara lain di regional Asia dalam waktu dekat.

“Tahun ini kami akan ekspansi lagi, untuk negaranya belum bisa kami share tapi masih di regional Asia. Jika tidak ada halangan, dilakukan dalam waktu dekat ini Semester I/2024,” ungkap Ruth Davina, Corporate Affairs Manager Kenangan Brands kepada media di Jakarta, Selasa (19/03/2024).

Saat ini Kopi Kenangan telah mengoperasikan lebih dari 900 outlet di Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Jaringan F&B non-waralaba ini menargetkan untuk memiliki 6.000 gerai baik di dalam maupun luar negeri pada tahun 2027 mendatang.

Meskipun nilai investasi belum diungkapkan secara spesifik, Davina menekankan bahwa performa mereka di Singapura dan Malaysia telah melampaui ekspektasi. Hal ini memberikan dorongan yang besar bagi pihaknya untuk melakukan ekspansi lebih lanjut.

Davina pun menyatakan optimismenya terhadap proyeksi bisnis food and beverages (F&B) di tahun 2024. Dengan rencana ekspansi yang sedang mereka persiapkan dan portofolio yang terus berkembang, Kopi Kenangan yakin dapat memanfaatkan potensi besar pasar F&B di Indonesia dan Asia.

“Saat ini, pasar F&B di Indonesia masih sangat besar dan termasuk yang terbaik di Asia. Karenanya, kami masih optimistis dan itu terlihat dari portfolio yang terus bertambah. Kami juga memastikan bahwa ekspansi itu sehat,” katanya.

Dengan munculnya lebih banyak pemain di industri ini, Kopi Kenangan percaya bahwa ekosistem bisnis akan semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi negara. "Ini juga mengubah gaya hidup dalam mengonsumsi kopi," tambahnya. "Dulu kopi hanya untuk Bapak-Bapak, atau untuk orang yang ‘nongkrong’ banget. Namun saat ini sudah menjadi gaya hidup yang dicari oleh banyak orang setiap hari,” terang Davina.

Perusahaan ini juga mengakui bahwa kompetisi yang sehat membantu memperkuat ekosistem bisnis secara keseluruhan. "Semakin banyak pemain, semakin tinggi juga permintaan dari pelanggan," tuturnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved